• Sun. Jul 14th, 2024

Resep Putri Ayu: Kudapan Tradisional Indonesia yang Menggugah Selera

BySaputra

Sep 16, 2023

Hello teman-teman penggemar kuliner! Kali ini saya ingin berbagi resep putri ayu yang enak dan mudah dibuat di rumah. Putri ayu adalah salah satu kudapan tradisional Indonesia yang cukup terkenal dan banyak disukai oleh semua kalangan. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat putri ayu, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan Jumlah
Tepung ketan 250 gram
Kelapa parut 100 gram
Gula pasir 100 gram
Air matang 500 ml
Daun pandan 3 lembar
Garam secukupnya

Cara Membuat

1. Pertama-tama, rendam tepung ketan dengan air selama 2 jam.2. Setelah itu, kukus tepung ketan yang sudah direndam tadi selama 30 menit.3. Setelah matang, angkat dan biarkan dingin.4. Campurkan air, gula pasir, dan daun pandan ke dalam panci. Rebus hingga gula larut dan air mendidih.5. Setelah itu, masukkan kelapa parut dan aduk rata. Tambahkan garam secukupnya.6. Terakhir, masukkan tepung ketan kukus ke dalam campuran air kelapa dan aduk rata.7. Tuangkan adonan putri ayu ke dalam cetakan yang telah diolesi minyak.8. Kukus putri ayu selama 15-20 menit.9. Setelah matang, angkat dan sajikan.

Tips dan Trik

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu kamu membuat putri ayu yang sempurna:- Gunakan tepung ketan yang berkualitas untuk menghasilkan putri ayu yang lembut dan kenyal.- Rendam tepung ketan dengan air selama 2 jam agar tepung tidak mudah pecah saat dimasak.- Rebus air gula pasir dan daun pandan hingga larut untuk menghasilkan sirup yang tidak terlalu manis.- Tambahkan garam secukupnya untuk memberikan rasa yang lebih seimbang pada putri ayu.

Kesimpulan

Itulah resep putri ayu yang dapat kamu coba di rumah. Kudapan tradisional ini sangat cocok dijadikan camilan saat santai bersama keluarga atau teman-teman. Selamat mencoba!

By Saputra