resep masakan lele bumbu pedas

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Kali ini, kami akan berbagi resep masakan lele bumbu pedas yang lezat dan menggugah selera. Siapa sih yang tidak suka dengan lele? Ikan air tawar yang satu ini memang memiliki daging yang lembut dan rasanya yang gurih. Ditambah lagi dengan bumbu pedas yang menggugah selera, pasti akan membuat siapapun ketagihan. Yuk, simak resepnya berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk resep masakan lele bumbu pedas ini cukup sederhana dan mudah didapatkan. Kalian hanya perlu menyiapkan:

1. 500 gram ikan lele segar2. 3 siung bawang putih, memarkan3. 2 cm jahe, memarkan4. 3 lembar daun salam5. 2 batang serai, memarkan6. 2 buah jeruk nipis, ambil airnya7. 2 sendok makan kecap manis8. 1 sendok makan saus sambal9. 1 sendok teh garam10. 1/2 sendok teh merica bubuk11. 2 sendok makan minyak untuk menumis

Setelah semua bahan siap, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan ikan lele. Bersihkan ikan lele dari kotoran dan sisiknya, lalu cuci hingga bersih. Setelah itu, lumuri ikan lele dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit supaya ikan lele lebih segar dan tidak berbau amis.

Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih, jahe, daun salam, dan serai hingga harum. Setelah itu, masukkan ikan lele yang sudah dibersihkan tadi ke dalam wajan. Goreng ikan lele hingga kedua sisinya berwarna kecokelatan dan matang sempurna.

Setelah ikan lele matang, tambahkan kecap manis, saus sambal, garam, dan merica bubuk ke dalam wajan. Aduk rata hingga bumbu tercampur merata dengan ikan. Pastikan ikan lele terbalut dengan bumbu pedas yang menggoda ini.

Setelah semua bumbu tercampur sempurna dengan ikan lele, tambahkan air secukupnya ke dalam wajan. Masak ikan lele dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah mengental. Aduk perlahan agar bumbu tidak terpisah dengan ikan lele.

Setelah kuah mengental, angkat ikan lele bumbu pedas dari wajan dan sajikan dalam piring saji. Taburi dengan bawang merah goreng sebagai hiasan. Resep masakan lele bumbu pedas siap untuk dinikmati!

Nikmati hidangan lezat ini bersama nasi hangat dan sayuran segar sebagai pelengkap. Rasakan sensasi pedasnya yang menggugah selera dan lelehnya daging ikan lele yang lembut di mulut. Siapa yang bisa menolak kelezatan hidangan yang satu ini?

Selain enak, resep masakan lele bumbu pedas ini juga mudah dan cepat untuk dibuat. Cocok untuk kalian yang sibuk namun tetap ingin menikmati hidangan yang lezat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Demikianlah artikel kami tentang resep masakan lele bumbu pedas kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi kalian yang ingin mencoba masakan yang baru. Jangan lupa untuk terus mengunjungi website kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar kuliner dan resep masakan lainnya. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini, Sobat Info Negeri!