resep masakan babi

Hello Sobat Info Negeri! Selamat datang di artikel kami yang kali ini akan membahas tentang resep masakan babi yang sangat lezat dan menggugah selera. Babi memang menjadi salah satu bahan makanan yang sering digunakan dalam berbagai masakan di Indonesia. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut membuat masakan babi menjadi favorit banyak orang. Jadi, jika Sobat Info Negeri ingin mencoba masakan babi yang enak, yuk lanjutkan membaca artikel ini!

Sebelum kita mulai, perlu dicatat bahwa masakan babi ini tidak cocok untuk mereka yang menjalankan diet halal atau vegetarian. Namun, bagi Sobat Info Negeri yang tidak memiliki masalah dengan mengonsumsi daging babi, mari kita lanjutkan dengan resep pertama yakni “Babi Panggang Madu”.

Babi Panggang Madu adalah salah satu hidangan yang terbuat dari perpaduan antara daging babi yang empuk dengan rasa manis dari madu. Untuk membuat Babi Panggang Madu, Sobat Info Negeri perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

– 1 kg daging babi (pilih bagian yang mengandung lemak sedikit)- 4 sendok makan saus tiram- 3 sendok makan saus tomat- 2 sendok makan kecap manis- 2 sendok makan madu- 4 siung bawang putih, cincang halus- 1 sendok makan minyak wijen- 1 sendok makan minyak sayur- garam secukupnya- merica secukupnya

Setelah bahan-bahan tersebut siap, Sobat Info Negeri dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat Babi Panggang Madu:

1. Pertama-tama, marinate daging babi dengan campuran saus tiram, saus tomat, kecap manis, madu, bawang putih, minyak wijen, garam, dan merica. Pastikan semua bagian daging terbalut dengan bumbu tersebut.

2. Diamkan daging babi dalam kulkas selama minimal 2 jam agar bumbu dapat meresap dengan baik.

3. Setelah marinating, panaskan oven dengan suhu sekitar 180 derajat Celsius.

4. Panggang daging babi dalam oven selama 45-60 menit hingga matang sempurna. Bolak-balikkan daging setiap 15-20 menit agar matang merata dan tidak gosong.

5. Jika Sobat Info Negeri ingin daging babi yang lebih garing, dapatkan sedikit sisa saus marinade dan oleskan pada permukaan daging sebelum panggang selama 10 menit terakhir.

6. Setelah matang, angkat daging babi panggang madu dari oven dan biarkan sejenak agar suhunya turun sedikit sebelum dipotong dan disajikan.

Selain Babi Panggang Madu, masih banyak resep masakan lainnya yang menggunakan babi sebagai bahan utamanya. Misalnya “Babi Kecap Pedas” yang merupakan hidangan khas dari daerah Jawa. Babi Kecap Pedas memiliki cita rasa yang pedas dan manis dengan daging babi yang empuk.

Untuk membuat Babi Kecap Pedas, Sobat Info Negeri perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

– 500 gram daging babi, potong-potong sesuai selera- 4 sendok makan kecap manis- 2 sendok makan saus tomat- 2 sendok makan saus cabai- 4 siung bawang putih, cincang halus- 1 buah bawang bombay, iris tipis- 2 buah cabai merah besar, iris serong- 1/2 sendok teh garam- 1/4 sendok teh merica bubuk- minyak goreng secukupnya

Berikut langkah-langkah dalam membuat Babi Kecap Pedas:

1. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan cabai merah besar hingga harum.

2. Masukkan potongan daging babi ke dalam wajan dan tumis hingga berubah warna menjadi kecokelatan.

3. Tambahkan kecap manis, saus tomat, dan saus cabai ke dalam wajan. Aduk rata hingga daging terbalut dengan bumbu.

4. Bumbui dengan garam dan merica bubuk sesuai selera. Aduk rata dan masak hingga daging babi empuk dan bumbu meresap.

5. Angkat Babi Kecap Pedas dari wajan dan sajikan di atas piring saji.

Nah, itulah dua resep masakan babi yang bisa Sobat Info Negeri coba di rumah. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dengan seksama agar hasil masakan babi Sobat Info Negeri menjadi lezat dan menggugah selera. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan babi yang enak!