• Wed. Jul 17th, 2024

resep masak sayur lodeh

BySaputra

Jan 16, 2024

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan berbicara tentang resep masak sayur lodeh yang lezat dan menggugah selera. Sayur lodeh merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat populer di berbagai daerah. Rasanya yang gurih dan kaya akan rempah-rempah membuat sayur lodeh menjadi hidangan yang sempurna untuk disantap bersama keluarga. Yuk, kita simak resep lengkapnya!

Sayur lodeh adalah sayuran yang dimasak dengan menggunakan kuah santan yang kental, serta bumbu-bumbu rempah yang harum. Biasanya, sayur lodeh diisi dengan berbagai macam sayuran seperti labu siam, wortel, kacang panjang, daun melinjo, daun kelor, dan terong. Selain itu, terdapat juga bahan lain seperti tahu, tempe, dan daging seperti ayam, ikan, atau udang yang dapat ditambahkan sesuai dengan selera.

Untuk membuat sayur lodeh yang enak, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan:

– 250 ml santan kental- 250 ml santan encer- 200 gram labu siam, iris memanjang- 100 gram wortel, iris memanjang- 100 gram kacang panjang, potong-potong- 100 gram daun melinjo, petik daunnya- 50 gram daun kelor, petik daunnya- 2 buah terong, potong-potong- 2 buah tahu, potong dadu- 2 buah tempe, potong dadu- 2 lembar daun salam- 2 batang serai, memarkan- 2 cm lengkuas, memarkan- 3 lembar daun jeruk, buang tulangnya- 3 buah cabai merah, iris serong- 3 buah cabai hijau, iris serong- 4 butir bawang merah, iris tipis- 3 siung bawang putih, iris tipis- Garam secukupnya- Gula secukupnya- Minyak untuk menumis

Setelah semua bahan terkumpul, kita bisa mulai memasak sayur lodeh. Pertama-tama, panaskan minyak dalam wajan, kemudian tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan daun salam, serai, lengkuas, daun jeruk, cabai merah, dan cabai hijau. Aduk rata dan masak hingga cabai matang.

Selanjutnya, tambahkan labu siam, wortel, kacang panjang, daun melinjo, daun kelor, terong, tahu, dan tempe. Aduk rata dan masak sebentar. Tuangkan santan kental dan santan encer ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan mendidih.

Setelah mendidih, kecilkan api dan masak sayur lodeh hingga sayuran matang dan bumbu meresap. Jangan lupa untuk mengecek rasa, tambahkan garam dan gula secukupnya sesuai dengan selera. Aduk rata dan tunggu sebentar hingga sayur lodeh siap disajikan.

Sayur lodeh yang lezat dan menggugah selera siap untuk dinikmati. Hidangan ini cocok disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal pedas sebagai pelengkapnya. Rasakan kelezatan sayur lodeh yang gurih dan kaya akan rempah-rempah yang mengusik selera Anda.

Selain enak, sayur lodeh juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan serat yang tinggi pada sayur lodeh dapat membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Selain itu, sayur lodeh juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Sobat Info Negeri, itulah resep masak sayur lodeh yang lezat dan menggugah selera. Anda bisa mencoba membuatnya di rumah dan menikmati hidangan tradisional Indonesia ini bersama keluarga tercinta. Selamat memasak dan selamat menikmati sayur lodeh yang enak!

By Saputra