• Thu. Jul 18th, 2024

resep masak pare sederhana

BySaputra

Oct 27, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan baik dan sehat selalu. Kali ini, saya akan berbagi dengan kalian sebuah resep masak pare sederhana yang bisa kalian coba di rumah. Pare adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Namun, tidak semua orang menyukai rasa pahitnya. Oleh karena itu, di artikel ini, saya akan membagikan resep masakan pare sederhana yang bisa mengurangi rasa pahitnya. Yuk, kita mulai!

Pertama-tama, kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat masakan pare ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan cukup sederhana dan mudah didapatkan di pasar atau supermarket terdekat. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang harus kalian siapkan:

1. 2-3 buah pare ukuran sedang2. 2 buah tomat ukuran sedang3. 2 siung bawang putih4. 2 siung bawang merah5. 2 buah cabai merah (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan)6. 1 sendok teh garam7. 1/2 sendok teh gula8. 1/2 sendok teh merica bubuk9. 1 sendok makan minyak untuk menumis

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membersihkan pare. Potong pare menjadi dua bagian memanjang, lalu buang bijinya menggunakan sendok. Setelah itu, iris pare tipis-tipis dan rendam dalam air garam selama kurang lebih 15 menit. Rendam pare dalam air garam ini akan membantu mengurangi rasa pahitnya.

Sementara pare direndam, kita bisa mempersiapkan bumbu-bumbu yang akan digunakan. Iris bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan tomat menjadi potongan kecil-kecil. Kemudian, panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Setelah itu, masukkan cabai merah dan tomat yang telah dipotong kecil-kecil tadi.

Setelah cabai dan tomat matang, masukkan pare yang telah direndam dan sudah diiris ke dalam wajan. Aduk rata semua bahan dan beri garam, gula, dan merica bubuk. Lanjutkan menggoreng pare hingga matang dan bumbunya meresap sempurna. Jika kalian suka dengan sayuran yang sedikit renyah, kalian bisa menggoreng pare hingga agak kering.

Setelah masakan pare matang, angkat dari wajan dan sajikan dalam piring saji. Pare sederhana yang kalian buat ini bisa menjadi lauk yang lezat dan sehat untuk keluarga kalian. Rasanya yang kaya akan cita rasa dan kandungan nutrisinya yang tinggi membuat masakan pare ini cocok untuk dikonsumsi sehari-hari.

Masakan pare sederhana ini bisa disajikan dengan nasi hangat sebagai menu utama. Kalian juga bisa menambahkan lauk pendamping seperti ayam goreng atau ikan bakar untuk melengkapi hidangan kalian. Selain itu, resep masakan pare ini juga bisa dijadikan sebagai hidangan pelengkap untuk acara makan siang atau makan malam bersama keluarga dan teman-teman.

Selain rasanya yang enak, pare juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Pare mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan dan juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu, pare juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan mata, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan membuat masakan pare sederhana ini, kalian tidak hanya bisa menikmati hidangan yang lezat, tetapi juga mendapatkan manfaat kesehatan dari pare tersebut. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba masakan pare ini di rumah, bukan?

Demikianlah resep masak pare sederhana yang bisa kalian coba di rumah. Mudah, bukan? Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba masakan pare untuk pertama kalinya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra