• Wed. Jul 17th, 2024

resep masak kwetiau

BySaputra

Jan 24, 2024

Hello, Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu dalam keadaan yang baik dan sehat ya! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai resep masak kwetiau yang lezat dan menggugah selera. Siapa yang tidak suka dengan hidangan yang satu ini? Kwetiau adalah salah satu hidangan favorit di Indonesia, terutama di daerah Jakarta yang terkenal dengan kwetiau Mangga Besar. Jadi, bagi kalian yang ingin mencoba memasak kwetiau sendiri di rumah, yuk simak resepnya berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:1. 300 gram kwetiau basah2. 200 gram daging ayam, potong dadu kecil3. 100 gram udang, kupas kulitnya4. 2 butir telur, kocok lepas5. 3 siung bawang putih, cincang halus6. 2 batang daun bawang, iris tipis7. 2 sendok makan kecap manis8. 1 sendok makan saus tiram9. 1 sendok teh garam10. ½ sendok teh merica bubuk11. Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah pembuatan:1. Pertama-tama, panaskan minyak goreng di wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih hingga harum dan berubah warna sedikit kecokelatan.2. Masukkan potongan daging ayam ke dalam wajan dan masak hingga daging berubah warna menjadi kecokelatan.3. Setelah daging ayam matang, masukkan udang ke dalam wajan dan aduk hingga udang berubah warna menjadi merah jambu.4. Pindahkan daging ayam dan udang yang sudah matang ke satu sisi wajan, kemudian tuangkan telur yang sudah dikocok lepas ke sisi lainnya. Aduk-aduk telur hingga matang dan kemudian campurkan dengan daging ayam dan udang.5. Tambahkan kwetiau basah ke dalam wajan dan aduk rata dengan bahan-bahan lainnya.6. Tuangkan kecap manis, saus tiram, garam, dan merica bubuk ke dalam wajan. Aduk rata dan pastikan bumbu tercampur merata dengan kwetiau dan bahan lainnya.7. Terakhir, tambahkan irisan daun bawang ke dalam wajan dan aduk rata sebentar.8. Setelah semua bahan tercampur rata, angkat kwetiau dari wajan dan sajikan dalam piring saji.

Mmm…wangi kwetiau yang sedap sudah tercium ke seluruh ruangan, Sobat Info Negeri! Kwetiau yang kamu masak sendiri ini siap untuk dinikmati bersama keluarga tercinta. Jangan lupa untuk menghidangkan kwetiau dengan tambahan kecap manis dan saus sambal agar rasanya semakin lezat!

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan topping sesuai selera seperti daging ayam suwir, tauge, atau irisan cabai rawit jika kamu suka dengan makanan pedas. Kwetiau juga dapat disajikan dengan tambahan kerupuk sebagai pelengkap yang nikmat.

Dengan membuat kwetiau sendiri di rumah, kamu bisa mengontrol bahan-bahan yang digunakan dan menjaga kebersihan serta kesehatan hidangan yang kamu sajikan. Selamat mencoba resep kwetiau ini, Sobat Info Negeri! Semoga berhasil dan selamat menikmati hidangan lezat yang sudah kamu buat sendiri. Jangan lupa untuk berbagi dengan keluarga dan teman-teman ya!

By Saputra