• Thu. Jul 18th, 2024

resep masak kacang panjang

BySaputra

Sep 9, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar semuanya? Hari ini, kita akan membahas tentang sebuah resep masakan yang lezat dan sehat, yaitu resep masak kacang panjang. Kacang panjang, atau biasa juga disebut buncis, adalah salah satu jenis sayuran yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Rasanya yang segar dan teksturnya yang renyah membuat kacang panjang menjadi pilihan favorit di berbagai hidangan. Yuk, kita simak resepnya!

Sebelum memasak kacang panjang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan kacang panjang yang akan kamu gunakan sudah segar. Pilih kacang panjang yang masih berwarna hijau cerah dan tidak ada bintik-bintik cokelat. Kedua, bersihkan kacang panjang dengan baik sebelum dimasak. Cuci kacang panjang dengan air mengalir dan potong kedua ujungnya. Setelah itu, kamu bisa mulai memasak kacang panjang sesuai dengan resep berikut ini.

Resep Pertama: Tumis Kacang Panjang Sederhana

Bahan-bahan:- 250 gram kacang panjang, potong-potong- 2 siung bawang putih, cincang halus- 1 buah cabai merah, iris tipis- 1 buah cabai hijau, iris tipis- 1 buah tomat, potong dadu kecil- Garam secukupnya- Gula secukupnya- Minyak untuk menumis

Cara memasak:1. Panaskan minyak dalam wajan. Tumis bawang putih hingga harum.2. Masukkan cabai merah dan cabai hijau. Tumis hingga cabai layu.3. Tambahkan kacang panjang dan tomat. Aduk rata.4. Beri sedikit air, garam, dan gula. Tutup wajan dan masak hingga kacang panjang matang.5. Tes rasa, tambahkan garam atau gula jika diperlukan.6. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Resep Kedua: Sayur Asem Kacang Panjang

Bahan-bahan:- 250 gram kacang panjang, potong-potong- 1 buah jagung manis, potong-potong- 2 buah tomat, potong dadu kecil- 2 lembar daun salam- 2 lembar daun jeruk- 1 liter air- Gula secukupnya- Garam secukupnya- Asam jawa secukupnya- Bumbu halus:- 3 siung bawang merah- 2 siung bawang putih- 3 butir kemiri- 2 cm lengkuas, memarkan- 2 cm jahe, memarkan

Cara memasak:1. Rebus air dalam panci besar. Tambahkan daun salam, daun jeruk, dan bumbu halus. Aduk rata.2. Masukkan kacang panjang, jagung manis, dan tomat. Masak hingga sayuran matang.3. Tambahkan gula, garam, dan asam jawa. Aduk rata. Tes rasa dan tambahkan gula atau garam jika diperlukan.4. Angkat dan sayur asem kacang panjang siap disajikan.

Mudah sekali bukan membuat resep masak kacang panjang? Kamu bisa mengkreasikan kacang panjang dengan berbagai cara memasak sesuai selera. Selain itu, kacang panjang juga bisa menjadi tambahan pada masakan sayur, sup, atau tumisan lainnya. Kaya akan serat dan vitamin, kacang panjang juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Dengan resep-resep di atas, kamu bisa menyajikan hidangan kacang panjang yang lezat dan bergizi untuk keluarga tercinta. Jangan lupa untuk mencicipi dan menikmati sajian ini saat masih hangat. Selamat mencoba, Sobat Info Negeri! Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah variasi menu masakan di rumah. Terima kasih telah membaca!

By Saputra