• Sun. Jul 14th, 2024

resep masak ikan kembung

BySaputra

Aug 31, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apakah kalian sedang mencari resep masakan yang lezat dan mudah untuk disajikan di rumah? Jika iya, artikel ini sangat cocok untuk kalian karena kali ini kita akan membahas tentang resep masak ikan kembung yang nikmat. Ikan kembung merupakan salah satu jenis ikan yang mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang terjangkau. Selain itu, rasanya yang enak dan dagingnya yang lembut membuat ikan kembung menjadi pilihan yang populer di kalangan pecinta kuliner. Yuk, simak resep berikut ini!

Sebelum memasak ikan kembung, pastikan ikan yang kalian beli dalam kondisi segar. Carilah ikan yang memiliki mata jernih, warna kulit cerah, dan tidak berbau amis. Selanjutnya, bersihkan ikan dengan hati-hati, pastikan semua sisik dan isi perutnya sudah dibuang. Setelah itu, cuci ikan dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Resep pertama yang akan kita bahas adalah “Ikan Kembung Goreng Tepung”. Untuk membuat hidangan ini, kalian akan membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:- 2 ekor ikan kembung segar- 1 sendok teh garam- 1/2 sendok teh merica bubuk- 1 sendok teh bubuk bawang putih- 1/2 sendok teh bubuk bawang merah- 1/2 sendok teh bubuk ketumbar- Tepung terigu secukupnya- Minyak goreng secukupnya

Pertama-tama, campurkan garam, merica bubuk, bubuk bawang putih, bubuk bawang merah, dan bubuk ketumbar dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga bumbu tercampur sempurna. Kemudian, gulingkan ikan kembung dalam campuran bumbu tadi, pastikan ikan terbalut dengan merata.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan yang cukup besar. Lumuri ikan kembung dengan tepung terigu hingga rata, lalu masukkan ikan ke dalam minyak panas. Goreng ikan hingga kecokelatan dan kering. Setelah itu, angkat ikan dan tiriskan.

Hidangan “Ikan Kembung Goreng Tepung” siap untuk disajikan! Ikan kembung yang digoreng dengan tepung ini akan memiliki tekstur renyah di luar dan daging yang lembut di dalam. Hidangkan dengan nasi putih hangat dan sambal terasi sebagai pelengkapnya.

Selain digoreng, ikan kembung juga dapat diolah menjadi hidangan “Ikan Kembung Bakar”. Berikut adalah resepnya:- 2 ekor ikan kembung segar- 3 sendok makan kecap manis- 2 sendok makan air jeruk nipis- 1 sendok makan minyak wijen- 2 siung bawang putih, haluskan- 1 ruas jahe, parut halus- Garam secukupnya- Lada secukupnya

Pertama-tama, campurkan kecap manis, air jeruk nipis, minyak wijen, bawang putih halus, jahe parut, garam, dan lada dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga bumbu tercampur sempurna. Kemudian, lumuri ikan kembung dengan campuran bumbu tersebut, pastikan ikan terbalut dengan merata.

Selanjutnya, siapkan alat pemanggang atau grill. Panggang ikan kembung di atas pemanggang dengan suhu sedang hingga matang, sambil sesekali membalikkan ikan agar matang merata dan tidak gosong. Setelah matang, angkat ikan dan hidangkan dengan nasi hangat serta lalapan segar.

Hidangan “Ikan Kembung Bakar” siap disantap! Ikan kembung yang dibakar dengan bumbu kecap manis dan jeruk nipis ini akan memberikan aroma yang harum dan cita rasa yang lezat. Nikmati hidangan ini bersama keluarga di momen makan malam yang hangat.

Itulah beberapa resep masak ikan kembung yang bisa kalian coba di rumah. Selain enak, ikan kembung juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti asam lemak omega-3 dan protein. Jadi, jangan ragu untuk mencoba memasak ikan kembung sendiri di rumah ya!

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian para pecinta masakan ikan. Selamat mencoba resep-resep di atas dan jangan lupa untuk berbagi kelezatan hidangan ini dengan keluarga dan teman-teman terdekat. Terima kasih sudah membaca!

By Saputra