• Thu. Jul 18th, 2024

resep masak daging babi

BySaputra

Jan 28, 2024

Hello Sobat Info Negeri! Apakah kalian sedang mencari inspirasi resep masakan baru? Jika iya, artikel ini sangat cocok untuk kalian! Kali ini, kita akan berbicara tentang resep masak daging babi yang lezat dan menggugah selera. Daging babi merupakan salah satu bahan makanan yang populer di Indonesia dan bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat. Yuk, simak resep di bawah ini dan jadikan hidangan daging babi favoritmu!

1. Babi Kecap Manis

Babi Kecap Manis adalah hidangan daging babi yang sangat populer di Indonesia. Untuk membuatnya, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:- 500 gram daging babi, potong dadu- 4 sendok makan kecap manis- 3 siung bawang putih, cincang halus- 2 batang daun bawang, iris tipis- 1/2 sendok teh garam- 1/2 sendok teh merica bubuk- 2 sendok makan minyak goreng

Cara membuat Babi Kecap Manis:1. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih hingga harum.2. Masukkan potongan daging babi, garam, dan merica bubuk. Aduk rata hingga daging babi berubah warna.3. Tuangkan kecap manis ke dalam wajan dan aduk rata. Biarkan daging babi meresap ke dalam kecap manis.4. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga daging babi empuk dan kecap manis mengental.5. Terakhir, tambahkan irisan daun bawang dan aduk rata. Angkat dan hidangkan.

2. Babi Panggang Bumbu Kuning

Babi Panggang Bumbu Kuning adalah hidangan daging babi yang sangat nikmat dan pas disajikan saat acara keluarga atau pesta. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:- 1 kg daging babi, potong sesuai selera- 5 siung bawang putih, haluskan- 2 cm kunyit, haluskan- 2 cm jahe, haluskan- 2 sendok makan air jeruk nipis- 1 sendok teh garam- 1/2 sendok teh merica bubuk- 2 sendok makan minyak goreng

Cara membuat Babi Panggang Bumbu Kuning:1. Campurkan bawang putih, kunyit, jahe, air jeruk nipis, garam, dan merica bubuk dalam wadah. Aduk rata menjadi pasta.2. Lumuri potongan daging babi dengan bumbu yang sudah dibuat. Biarkan meresap selama minimal 30 menit.3. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Panggang daging babi hingga matang dan berwarna kecokelatan.4. Setelah matang, angkat dan diamkan sejenak sebelum diiris tipis.5. Hidangkan Babi Panggang Bumbu Kuning dengan nasi hangat dan acar mentimun.

3. Babi Rica-Rica

Babi Rica-Rica adalah hidangan khas Manado yang menggunakan bumbu pedas dan segar. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:- 500 gram daging babi, potong kotak- 10 cabai merah keriting, buang biji- 5 cabai rawit merah- 5 siung bawang putih- 4 butir kemiri- 2 cm jahe- 2 cm lengkuas, memarkan- 2 batang serai, memarkan- 3 lembar daun jeruk, iris tipis- 1 sendok makan gula merah, serut- 1 sendok teh garam- 1/2 sendok teh merica bubuk- 2 sendok makan minyak goreng

Cara membuat Babi Rica-Rica:1. Haluskan cabai merah, cabai rawit merah, bawang putih, kemiri, dan jahe menggunakan blender atau ulekan.2. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum.3. Masukkan potongan daging babi, gula merah, garam, dan merica bubuk. Aduk rata hingga daging babi berubah warna.4. Tambahkan lengkuas, serai, dan daun jeruk. Aduk rata dan masak hingga daging babi matang sempurna.5. Angkat dan sajikan Babi Rica-Rica dengan nasi putih hangat.

Selamat mencoba resep-resep di atas, Sobat Info Negeri! Semoga hidangan daging babi yang kalian buat menjadi lezat dan disukai oleh keluarga. Jangan lupa berkreasi dengan bumbu dan rempah lainnya sesuai dengan selera kalian. Selamat memasak!

By Saputra