• Thu. Jul 18th, 2024

resep masak ati ampela bumbu kuning

BySaputra

Nov 23, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Selamat datang kembali di artikel kami yang kali ini akan membahas resep masak ati ampela bumbu kuning. Siapa yang tidak suka dengan masakan yang gurih dan lezat seperti ati ampela? Nah, dengan menggunakan bumbu kuning yang kaya rempah, masakan ini akan semakin menggoda selera. Yuk, simak resep berikut ini!

Ati ampela adalah bagian dari ayam yang terbuat dari hati dan ampela. Bagian ini banyak disukai oleh pecinta kuliner Indonesia karena teksturnya yang kenyal dan kaya rasa. Apalagi jika disajikan dengan bumbu kuning yang khas, makanan ini akan menjadi hidangan yang lezat dan menggugah selera.

Bumbu kuning merupakan salah satu bumbu tradisional Indonesia yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Bumbu ini terbuat dari rempah-rempah seperti kunyit, bawang putih, bawang merah, jahe, kemiri, dan ketumbar. Selain memberikan warna kuning yang cantik pada masakan, bumbu kuning juga memberikan aroma yang khas dan menambah cita rasa masakan.

Berikut ini adalah resep masak ati ampela bumbu kuning yang bisa Sobat Info Negeri coba di rumah:

Bahan-bahan:1/2 kg ati ampela ayam, bersihkan dan potong-potong3 siung bawang putih, iris tipis3 siung bawang merah, iris tipis2 cm kunyit, haluskan1 cm jahe, haluskan4 butir kemiri, haluskan1 sdt ketumbar, haluskan2 batang serai, memarkan2 lembar daun jeruk, sobek-sobek2 lembar daun salam2 cm lengkuas, geprek1 buah tomat, potong-potong1 sdt garam1/2 sdt gula pasir300 ml airMinyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara membuat:1. Pertama-tama, panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.2. Masukkan kunyit, jahe, kemiri, dan ketumbar yang telah dihaluskan ke dalam tumisan bawang. Aduk rata dan masak hingga matang.3. Selanjutnya, tambahkan serai, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan masak hingga bumbu terasa harum.4. Masukkan potongan ati ampela ayam ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu hingga ati ampela berubah warna.5. Kemudian, tambahkan potongan tomat, garam, dan gula pasir ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga tomat layu.6. Tuangkan air ke dalam wajan. Pastikan air menutupi semua bahan dalam wajan. Tutup wajan dan masak dengan api kecil hingga kuah meresap dan ati ampela matang sempurna.7. Setelah kuah meresap, angkat ati ampela bumbu kuning dari wajan dan sajikan dalam piring saji.

Selamat, Sobat Info Negeri! Sekarang ati ampela bumbu kuning ala rumahan telah siap untuk dinikmati. Hidangan ini cocok disajikan sebagai lauk pendamping nasi putih hangat. Anda juga bisa menambahkan pelengkap seperti acar mentimun atau sambal jika menginginkan rasa yang lebih pedas.

Selain rasanya yang lezat, ati ampela juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Ati ampela mengandung protein, zat besi, vitamin A, dan vitamin B kompleks yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Jadi, selain nikmat untuk disantap, hidangan ini juga memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Demikianlah resep masak ati ampela bumbu kuning yang bisa Sobat Info Negeri coba di rumah. Semoga hasilnya memuaskan dan bisa menjadi hidangan favorit keluarga. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini!

By Saputra