• Thu. Jul 18th, 2024

resep makanan dari singkong yang mudah

BySaputra

Jul 22, 2023

Hello, Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian dalam keadaan baik dan selalu bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai resep makanan dari singkong yang mudah untuk diolah. Siapa yang tidak mengenal singkong? Singkong adalah salah satu bahan makanan yang sering digunakan dalam berbagai masakan di Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, singkong juga memiliki rasa yang lezat dan kaya akan nutrisi. Mari kita lihat beberapa resep makanan dari singkong yang mudah untuk dicoba di rumah.

1. Singkong Goreng Keju

Resep yang pertama adalah singkong goreng keju. Siapa yang tidak suka dengan keju? Kombinasi antara keju yang lezat dengan rasa gurih singkong akan menciptakan cita rasa yang menggugah selera. Untuk membuatnya, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

– 500 gram singkong, kupas dan potong-potong- Minyak goreng secukupnya- Keju parut secukupnya- Garam secukupnya

Setelah bahan-bahan siap, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Rebus singkong dalam panci berisi air mendidih dengan tambahan garam. Masak hingga singkong menjadi empuk, sekitar 15-20 menit.2. Setelah empuk, tiriskan singkong dan biarkan hingga dingin.3. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang.4. Goreng singkong hingga kecokelatan dan renyah. Angkat dan tiriskan.5. Letakkan singkong goreng dalam piring saji dan taburi dengan keju parut.6. Singkong goreng keju siap disajikan.

2. Singkong Bakar Manis

Resep selanjutnya adalah singkong bakar manis. Jika Anda menyukai rasa manis dan kecokelatan pada singkong, maka resep ini cocok untuk Anda coba. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

– 500 gram singkong, kupas dan potong-potong- 2 sendok makan margarin, lelehkan- 3 sendok makan gula pasir- 1 sendok teh kayu manis bubuk

Berikut langkah-langkah dalam membuat singkong bakar manis:

1. Siapkan panggangan atau teflon yang bisa digunakan untuk memanggang.2. Kukus singkong hingga empuk, sekitar 15-20 menit.3. Setelah empuk, angkat dan diamkan sejenak.4. Lumuri singkong dengan margarin yang telah dilelehkan.5. Campurkan gula pasir dan kayu manis dalam mangkuk kecil, aduk rata.6. Gulingkan singkong dalam campuran gula pasir dan kayu manis hingga merata.7. Panggang singkong dalam panggangan atau teflon dengan api kecil hingga kecokelatan dan gula meleleh.8. Angkat dan sajikan singkong bakar manis.

3. Singkong Rebus Santan

Resep terakhir yang akan kita bahas adalah singkong rebus santan. Singkong yang direbus bersama santan akan menghasilkan kuah yang gurih dan lezat. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:

– 500 gram singkong- 400 ml santan kental- 2 lembar daun salam- 2 cm lengkuas, memarkan- 1 batang serai, memarkan- Garam secukupnya

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat singkong rebus santan:

1. Kupas dan potong singkong menjadi beberapa bagian.2. Rebus singkong dalam panci berisi air mendidih hingga empuk. Tiriskan.3. Panaskan santan dalam panci dengan api sedang.4. Tambahkan daun salam, lengkuas, dan serai. Aduk rata.5. Masukkan singkong rebus ke dalam panci dengan santan.6. Tambahkan garam secukupnya dan masak hingga kuah santan meresap ke dalam singkong.7. Angkat dan sajikan singkong rebus santan.

Itulah beberapa resep makanan dari singkong yang mudah untuk diolah di rumah. Selain lezat, makanan-makanan ini juga kaya akan nutrisi dan cocok untuk disantap dalam berbagai kesempatan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra