• Sun. Jul 14th, 2024

resep kue ultah sederhana kukus

BySaputra

Sep 25, 2023

Judul: Resep Kue Ultah Sederhana Kukus yang Enak dan Mudah DipraktikkanHalo pembaca setia, apa kabar? Semoga kalian selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini, saya akan membagikan sebuah resep kue ultah sederhana kukus yang enak dan mudah dipraktikkan. Bagi kalian yang suka memasak, kue ini cocok banget nih dijadikan camilan atau sebagai hadiah ulang tahun untuk orang tercinta. Yuk, ikuti resep berikut ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat kue, pastikan kalian sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 200 gram
Gula pasir 150 gram
Telur ayam 4 butir
Santan kental 200 ml
Baking powder 1 sendok teh
Vanili bubuk 1 sendok teh
Pewarna makanan (optional) secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, kue ultah sederhana kukus siap untuk dibuat. Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini!

Cara Membuat

1. Siapkan loyang kue dan olesi dengan margarin atau mentega agar adonan tidak lengket.2. Siapkan panci pengukus dan panaskan air di dalamnya.3. Ayak tepung terigu, baking powder, dan vanili bubuk ke dalam wadah yang berbeda.4. Kocok telur dan gula pasir hingga lembut dan mengembang.5. Tambahkan santan kental secara perlahan sambil terus dikocok hingga tercampur rata.6. Masukkan tepung terigu, baking powder, dan vanili bubuk ke dalam adonan bertahap sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata.7. Jika ingin memberikan warna pada kue, tambahkan pewarna makanan sesuai selera dan aduk hingga merata.8. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin atau mentega.9. Kukus adonan selama 25-30 menit hingga matang dan angkat dari pengukus.10. Dinginkan kue dan siap disajikan.

Tips Membuat Kue Ultah Sederhana Kukus yang Enak

– Pastikan bahan-bahan yang digunakan sudah sesuai dengan takaran yang diberikan.- Kocok telur dan gula pasir hingga lembut dan mengembang agar kue nanti tidak berkerut dan lebih lembut.- Tambahkan santan kental secara perlahan sambil terus dikocok agar adonan tidak menggumpal.- Setelah adonan tercampur rata, tidak perlu terlalu sering diaduk agar kue tidak bantat.- Jangan membuka tutup panci pengukus terlalu sering agar kue tidak mudah kempes.- Tunggu kue dingin terlebih dahulu sebelum disajikan agar lebih enak.

Kesimpulan

Itulah resep kue ultah sederhana kukus yang enak dan mudah dipraktikkan. Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips yang diberikan, kue ultah sederhana kukus bisa dibuat dengan mudah dan hasilnya pun enak dan lezat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra