• Wed. Jul 17th, 2024

Resep Kue Pukis yang Lezat

BySaputra

Sep 9, 2023

Hello teman-teman pecinta kue! Kali ini saya ingin membagikan resep kue pukis yang akan membuat lidah kamu bergoyang. Kue pukis adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung terigu, telur, gula dan santan. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan aromanya yang khas. Tanpa berlama-lama lagi, berikut resep kue pukis yang lezat.

Bahan-bahan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 250 gram
Gula pasir 100 gram
Telur ayam 3 butir
Santan kental 250 ml
Margarin 50 gram (lelehkan)
Baking powder 1 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh
Pewarna makanan kuning (opsional) secukupnya

Cara Membuat:

1. Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam dalam satu wadah. Aduk rata.2. Masukkan telur ayam ke dalam campuran tepung. Aduk hingga tercampur rata.3. Tambahkan santan kental sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kental dan lembut.4. Tambahkan margarin cair ke dalam adonan dan aduk rata.5. Jika ingin membuat kue pukis yang berwarna kuning, tambahkan pewarna makanan kuning ke dalam adonan secukupnya dan aduk rata.6. Panaskan cetakan kue pukis atau wajan khusus kue pukis dengan api sedang. Olesi dengan margarin agar adonan tidak lengket.7. Tuang adonan hingga setengah bagian cetakan. Tutup cetakan dengan tutup atau sendok dan biarkan selama 3-4 menit.8. Setelah itu, balikkan kue dan biarkan selama 1-2 menit hingga matang.9. Ulangi langkah 7-8 hingga adonan habis atau sesuai dengan kebutuhan.10. Kue pukis siap dihidangkan. Sajikan dengan toping sesuai selera, seperti keju, coklat, atau kacang.

Tips:

1. Pastikan api dalam keadaan sedang agar kue pukis matang merata dan tidak gosong.2. Jangan terlalu banyak mengolesi cetakan dengan margarin agar kue tidak terlalu minyak.3. Jangan terlalu sering membuka tutup cetakan agar suhu dalam cetakan tetap stabil.4. Jangan terlalu banyak mengaduk adonan agar kue tetap lembut dan tidak keras.5. Kue pukis yang sudah matang dapat disimpan dalam wadah tertutup atau dalam kulkas selama beberapa hari.

Penutup

Itulah resep kue pukis yang lezat dan mudah untuk dibuat. Kue ini cocok dijadikan camilan atau hidangan yang disajikan saat berkumpul dengan keluarga atau teman. Jangan lupa untuk mencoba resep ini di rumah dan jangan ragu untuk bereksperimen dengan toping favorit kamu. Semoga berhasil dan selamat mencoba!

By Saputra