• Sun. Jul 14th, 2024

resep kue keju gabus

BySaputra

Oct 4, 2023

Hello teman-teman pembaca setia, hari ini saya akan berbagi resep kue keju gabus yang enak dan mudah dibuat di rumah. Kue keju gabus merupakan salah satu jenis kue yang sangat populer di Indonesia. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan nikmat dengan rasa keju yang khas. Yuk, langsung saja kita simak resepnya!

Bahan-bahan:

Bahan kue: Bahan topping:
150 gram tepung tapioka 1 butir telur
50 gram tepung terigu 50 gram keju parut
100 ml air 200 ml susu cair
50 gram margarin 1 sendok makan tepung maizena
1/2 sendok teh garam 1/4 sendok teh garam

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang akan digunakan. Campurkan tepung tapioka dan tepung terigu dalam sebuah wadah, lalu aduk rata. Setelah itu, panaskan margarin dan air dalam sebuah panci hingga margarin meleleh.

Kemudian, tuang campuran tepung ke dalam panci dan aduk rata hingga tercampur sempurna. Matikan kompor dan biarkan adonan agak dingin. Tambahkan telur dan 1/2 sendok teh garam, lalu aduk kembali hingga rata.

Kemudian, tuang adonan ke dalam loyang yang telah dioles margarin dan taburi tepung. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama sekitar 20-25 menit atau hingga matang.

Sementara itu, siapkan bahan topping dengan mencampurkan susu cair, tepung maizena, keju parut dan 1/4 sendok teh garam dalam sebuah panci. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan. Panaskan panci dengan api kecil sambil terus diaduk hingga adonan mengental dan melekat di sendok.

Setelah itu, angkat kue dari oven dan tuang topping di atasnya. Oleskan topping dengan rata dan panggang kembali dalam oven dengan suhu 200 derajat Celcius selama sekitar 10-15 menit atau hingga topping keju kecoklatan.

Kue keju gabus siap disajikan! Anda bisa menikmatinya sebagai camilan atau sebagai hidangan penutup. Kue ini dapat bertahan hingga beberapa hari jika disimpan dalam wadah kedap udara di suhu ruangan.

Tips dan Trik:

– Jangan terlalu lama mengaduk adonan agar tidak menghasilkan tekstur yang keras pada kue.
– Gunakan susu cair yang segar dan keju parut yang berkualitas untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.
– Jangan terlalu sering membuka oven saat memanggang agar suhu tetap stabil dan kue matang secara merata.
– Jangan lupa untuk mengoleskan margarin pada loyang agar kue tidak lengket.
– Jangan terlalu banyak menambahkan garam agar rasa keju tidak terlalu asin.

Kesimpulan:

Itulah resep kue keju gabus yang enak dan mudah dibuat di rumah. Dengan mengikuti petunjuk dan tips yang telah disebutkan di atas, Anda dapat membuat kue keju gabus yang lezat dan sempurna. Selamat mencoba!

By Saputra