• Wed. Jul 17th, 2024

Resep Kue Cucur yang Enak dan Gurih

BySaputra

Sep 10, 2023

Hello teman-teman pembaca setia blog ini! Kali ini saya akan membahas tentang resep kue cucur yang pasti bikin lidah kalian bergoyang. Siapa yang ga suka kue cucur? Kue tradisional ini memang selalu jadi favorit banyak orang. Nah, bagi kalian yang ingin mencoba membuat kue cucur sendiri di rumah, berikut ini adalah resepnya yang mudah dan praktis.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 250 gram
Gula pasir 100 gram
Santan kental 500 ml
Vanili 1 sendok teh
Garam 1/2 sendok teh
Air matang 100 ml
Minyak goreng (untuk menggoreng) secukupnya

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti tepung terigu, gula pasir, santan kental, vanili, garam, air matang, dan minyak goreng. Pastikan semua bahan sudah disiapkan dengan baik.

Cara Membuat:

1. Campurkan tepung terigu dan gula pasir ke dalam sebuah wadah. Aduk hingga rata.

2. Tambahkan santan kental sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur dengan baik.

3. Tambahkan vanili dan garam ke dalam adonan. Aduk hingga merata.

4. Tambahkan air matang ke dalam adonan. Aduk hingga adonan menjadi encer dan tercampur dengan baik.

5. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.

6. Ambil adonan dengan sendok sayur atau sendok takar, lalu tuang ke dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan. Goreng hingga kedua sisi kue cucur berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

7. Setelah semua adonan digoreng, angkat kue cucur dan tiriskan.

8. Kue cucur siap disajikan. Rasakan sensasi gurih dan manis dari kue cucur yang enak ini!

Tips:

1. Pastikan adonan tidak terlalu encer atau terlalu kental. Adonan yang terlalu encer akan membuat kue cucur mudah hancur, sedangkan adonan yang terlalu kental akan membuat kue cucur sulit matang di bagian dalam.

2. Gunakan minyak goreng yang banyak dan dalam saat menggoreng kue cucur. Hal ini akan membuat kue cucur matang dengan baik dan tidak lengket di bagian bawah.

3. Jangan berlebihan dalam memberikan gula pasir. Kue cucur seharusnya memiliki rasa yang gurih, sehingga pastikan rasio antara gula pasir dan bahan lainnya seimbang.

Kesimpulan

Itulah resep kue cucur yang enak dan gurih yang bisa kalian coba di rumah. Meskipun terlihat sederhana, namun rasa kue cucur yang gurih dan manis bisa membuat kalian ketagihan! Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra