resep bumbu dasar merah

Hello Sobat Info Negeri! Apakah kalian sedang mencari resep bumbu dasar merah yang nikmat dan praktis? Jika iya, kalian berada di tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kita akan membahas resep bumbu dasar merah yang dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam berbagai masakan. Mari kita mulai!

Bumbu merah adalah salah satu bumbu dasar yang sangat penting dalam memasak. Tidak hanya memberikan warna merah yang menarik pada masakan, tetapi juga memberikan cita rasa yang khas. Bumbu dasar merah dapat digunakan dalam berbagai masakan seperti nasi goreng, mie goreng, sate, dan banyak lagi.

Berikut adalah resep bumbu dasar merah yang mudah dan praktis:

Bahan-bahan:1. 10 buah cabai merah keriting2. 5 buah cabai merah besar3. 5 buah cabai rawit merah (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan)4. 5 siung bawang merah5. 3 siung bawang putih6. 3 buah tomat merah7. 2 sendok makan minyak goreng8. 1 sendok teh garam9. 1 sendok teh gula pasir

Cara membuat:1. Pertama-tama, siapkan semua bahan yang diperlukan. Cuci bersih cabai merah keriting, cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat merah.2. Iris tipis cabai merah keriting, cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat merah.3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.4. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan berubah warna menjadi kecokelatan.5. Masukkan irisan cabai merah keriting, cabai merah besar, dan cabai rawit merah. Tumis hingga cabai layu dan aromanya tercium sedap.6. Masukkan irisan tomat merah. Aduk rata dan masak hingga tomat menjadi lembut.7. Angkat wajan dari api dan biarkan bumbu merah tersebut dingin selama beberapa menit.8. Setelah itu, tambahkan garam dan gula pasir ke dalam wajan. Aduk rata.9. Setelah bumbu merah dingin, masukkan ke dalam blender atau menggunakan alat penghalus lainnya. Haluskan bumbu merah hingga teksturnya lembut dan halus.

Itulah resep bumbu dasar merah yang dapat kalian coba di rumah. Bumbu merah ini dapat disimpan dalam wadah tertutup di dalam lemari es selama beberapa minggu. Dengan memiliki bumbu dasar merah ini di rumah, kalian dapat dengan mudah mengolah berbagai masakan dengan rasa yang lezat.

Selain digunakan sebagai bahan dasar dalam masakan sehari-hari, bumbu merah ini juga bisa dijadikan sebagai saus atau bumbu tambahan untuk makanan seperti pizza, burger, atau sandwich. Kreativitas kalian dalam menggunakan bumbu merah ini tidak terbatas!

Demikianlah artikel tentang resep bumbu dasar merah yang praktis dan nikmat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari resep bumbu dasar merah yang mudah. Selamat mencoba dan selamat menikmati masakan kalian dengan bumbu merah yang lezat!