• Thu. Jul 18th, 2024

resep bumbu bebek madura hitam

BySaputra

Nov 19, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Bagaimana jika kita mencoba membuat hidangan yang lezat dan khas dari pulau Madura? Ya, kita akan membahas resep bumbu bebek Madura hitam yang menggugah selera. Bebek Madura hitam adalah salah satu hidangan yang sangat terkenal di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Dengan bumbu khasnya, bebek Madura hitam memiliki cita rasa yang unik dan menggoda selera. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bebek Madura hitam ini cukup sederhana dan mudah didapatkan di supermarket atau pasar tradisional terdekat. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. Bebek (sekitar 1 ekor, sekitar 1,5-2 kg)2. Air jeruk nipis (2-3 buah, peras untuk menghilangkan bau amis)3. Bumbu Halus:- Bawang merah (10 butir)- Bawang putih (5-6 siung)- Kemiri (5 butir)- Merica (1 sendok teh)- Ketumbar (1 sendok teh)- Kunyit (2 cm)- Jahe (2 cm)- Lengkuas (2 cm)- Serai (2 batang)- Cabai merah keriting (5 buah)- Cabai rawit (sesuai selera)- Garam (secukupnya)- Gula (secukupnya)- Penyedap rasa (secukupnya, jika ingin menggunakan)

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan bebek. Cuci bebek hingga bersih dan lumuri dengan air jeruk nipis, kemudian bilas dengan air bersih. Potong bebek menjadi beberapa bagian sesuai selera, seperti dada, paha, atau sayap.

Selanjutnya, haluskan semua bahan bumbu kecuali serai dan cabai. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Tambahkan serai yang telah dimemarkan dan cabai merah keriting yang telah diiris-iris. Aduk rata dan masak hingga bumbu matang sempurna.

Setelah bumbu matang, masukkan bebek yang telah dipotong ke dalam tumisan bumbu. Aduk hingga bebek terbalut dengan merata oleh bumbu. Tambahkan air secukupnya, lalu tutup wajan dan masak dengan api kecil hingga bebek matang dan bumbu meresap. Waktu memasak bebek ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam tergantung dari kelembutan bebek yang diinginkan.

Setelah bebek matang, periksa rasanya. Jika diperlukan, tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa sesuai selera. Aduk rata dan masak sebentar hingga bumbu meresap dengan sempurna ke dalam daging bebek.

Bebek Madura hitam siap disajikan! Hidangan ini sangat cocok disantap bersama nasi hangat dan lalapan segar. Jangan lupa sediakan sambal dan irisan mentimun serta tomat sebagai pelengkap. Rasakan sensasi kelezatan daging bebek yang lembut dengan cita rasa bumbu yang khas.

Selain rasanya yang begitu menggoyang lidah, bebek Madura hitam juga memiliki manfaat kesehatan yang baik. Daging bebek mengandung protein yang tinggi dan rendah lemak, sehingga cocok untuk menjaga kesehatan dan mendukung pertumbuhan sel-sel tubuh. Bumbu-bumbu seperti serai, jahe, dan kunyit juga memiliki manfaat antiinflamasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Terlepas dari manfaat kesehatannya, bebek Madura hitam juga sangat cocok sebagai hidangan untuk acara keluarga atau teman-teman. Dengan resep yang sederhana ini, Sobat Info Negeri bisa menghidangkan hidangan yang spesial dan menggugah selera bagi orang-orang terdekat.

Demikianlah resep bumbu bebek Madura hitam yang bisa Sobat Info Negeri coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah variasi hidangan di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati makanan yang lezat ini!

By Saputra