• Thu. Jul 18th, 2024

resep bumbu bali telur tahu

BySaputra

Jan 5, 2024

Hello Sobat Info Negeri! Selamat datang kembali di artikel kami yang kali ini akan membahas tentang resep bumbu Bali untuk telur tahu yang lezat dan menggugah selera. Siapa yang tidak suka dengan masakan Bali yang kaya akan rempah dan cita rasa yang unik? Nah, dalam artikel kali ini kita akan berbagi resep bumbu Bali yang cocok untuk menyajikan menu telur tahu yang istimewa. Yuk, simak resepnya berikut ini!

Telur tahu adalah salah satu hidangan yang sering kita temui dalam masakan Indonesia. Kombinasi antara gurihnya telur dan kenyalnya tahu memang sangat menggoda. Namun, kali ini kita akan memberikan sentuhan khas Bali dengan bumbu yang nikmat. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kita siapkan:

Bahan-Bahan:- 4 buah tahu, potong dadu- 4 butir telur, kocok lepas- Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng- 5 siung bawang merah, haluskan- 3 siung bawang putih, haluskan- 3 butir kemiri, haluskan- 3 buah cabai merah, haluskan (sesuaikan dengan tingkat kepedasan yang diinginkan)- 2 batang serai, memarkan- 3 lembar daun salam- 2 lembar daun jeruk, sobek-sobek- 2 cm lengkuas, memarkan- 2 cm jahe, memarkan- 1 sendok teh terasi, bakar sebentar- Gula, garam, dan kaldu bubuk secukupnya

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menggoreng tahu hingga kuning keemasan. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng tahu hingga matang. Angkat dan tiriskan.

Selanjutnya, kita akan membuat bumbu Bali yang lezat. Tumis bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah, serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan jahe hingga harum. Tambahkan terasi yang sudah dibakar, aduk rata.

Setelah bumbu matang, masukkan telur kocok yang sudah kita siapkan. Aduk-aduk hingga telur setengah matang dan tercampur rata dengan bumbu. Kemudian, masukkan tahu goreng yang telah kita tiriskan sebelumnya. Aduk rata.

Tambahkan gula, garam, dan kaldu bubuk secukupnya untuk menyesuaikan rasa. Aduk lagi hingga bumbu meresap ke dalam tahu dan telur. Biarkan sebentar hingga bumbu meresap sebelum kita angkat.

Telur tahu dengan bumbu Bali siap disajikan. Hidangan ini cocok untuk menjadi lauk pendamping nasi putih hangat dan sambal terasi. Rasakan perpaduan rasa gurih, pedas, dan sedikit manis yang menggoyang lidah kita.

Selain menyajikannya dengan nasi putih, telur tahu bumbu Bali juga bisa kita nikmati dengan lontong atau ketupat. Jangan lupa untuk menambahkan irisan daun bawang atau seledri sebagai garnish untuk memberikan kesegaran pada hidangan ini.

Sobat Info Negeri, itulah resep bumbu Bali untuk telur tahu yang lezat dan menggugah selera. Tidak sulit, bukan? Jika Sobat ingin mencoba variasi lainnya, bisa menambahkan potongan ayam atau udang pada hidangan ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Terima kasih telah membaca artikel kali ini. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

By Saputra