• Sun. Jul 14th, 2024

resep bumbu asam manis pedas

BySaputra

Jan 28, 2024

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan baik-baik saja. Kalian pastinya sudah tidak asing lagi dengan masakan asam manis pedas yang lezat dan menggugah selera, bukan? Resep ini memang sangat terkenal dan menjadi favorit banyak orang. Nah, kali ini kita akan membahas resep bumbu asam manis pedas yang dapat membuat hidanganmu semakin nikmat. Jadi, simak artikel ini sampai selesai ya!

Bumbu asam manis pedas merupakan perpaduan sempurna antara rasa asam, manis, dan pedas yang menggoda lidah. Rasanya yang khas dan menggoyang lidah membuat siapa saja ketagihan. Bumbu ini cocok digunakan untuk berbagai macam hidangan, seperti ayam, ikan, atau bahkan tahu dan tempe.

Untuk membuat bumbu asam manis pedas ini, kita membutuhkan beberapa bahan yang mudah didapatkan di toko bahan makanan terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. Bawang putih (5 siung), iris tipis2. Bawang merah (3 buah), iris tipis3. Cabai merah (5 buah), iris serong4. Cabai rawit (sesuai selera), iris serong5. Jahe (1 ruas jari), memarkan6. Gula pasir (2 sendok makan)7. Garam (secukupnya)8. Saos tomat (4 sendok makan)9. Saus sambal (2 sendok makan)10. Air jeruk nipis (2 sendok makan)11. Air (secukupnya)12. Minyak goreng (2 sendok makan)

Setelah semua bahan siap, kita bisa mulai membuat bumbu asam manis pedas yang lezat ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, dan jahe sampai harum.

2. Masukkan saos tomat dan saus sambal ke dalam wajan. Aduk rata sampai bumbu tercampur dengan baik.

3. Tambahkan gula pasir, garam, dan air jeruk nipis ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan bumbu mendidih sebentar.

4. Setelah itu, tuangkan air secukupnya ke dalam wajan dan biarkan mendidih kembali. Aduk rata dan masak hingga bumbu mengental.

5. Terakhir, cicipi bumbu asam manis pedas yang telah kamu buat. Sesuaikan rasa sesuai dengan selera. Jika dirasa sudah pas, matikan api dan hidangan siap disajikan!

Bumbu asam manis pedas siap digunakan untuk hidangan pilihanmu. Kamu bisa menggunakan bumbu ini untuk membuat ayam goreng asam manis pedas, cumi saus asam manis, atau bahkan nasi goreng asam manis pedas. Kreativitasmu dalam memasak tidak terbatas!

Selain rasanya yang enak, bumbu asam manis pedas juga memiliki manfaat kesehatan. Cabai merah dan cabai rawit yang digunakan dalam bumbu ini mengandung capsaicin yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung. Jahe juga memiliki khasiat anti-inflamasi yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Selain itu, membuat bumbu asam manis pedas sendiri di rumah juga lebih sehat dan aman karena kamu bisa mengatur jumlah gula, garam, dan bahan-bahan lainnya sesuai dengan kebutuhan. Kamu juga bisa mengganti bahan-bahan tersebut dengan yang lebih sehat, seperti menggunakan gula kelapa sebagai pengganti gula pasir.

Nah, Sobat Info Negeri, itulah resep bumbu asam manis pedas yang bisa kamu coba di rumah. Jangan lupa untuk menyesuaikan bumbu dengan selera masing-masing ya. Selamat mencoba dan semoga hidanganmu selalu lezat!

By Saputra