• Wed. Jul 17th, 2024

Resep Bolu Tanpa Mixer

BySaputra

Oct 9, 2023

Hello teman-teman pembaca setia, kali ini saya akan berbagi resep bolu tanpa mixer yang mudah dan praktis untuk diikuti. Bagi kalian yang suka memasak, pastinya ingin mencoba resep bolu yang enak dan lembut. Namun, kadang kita tidak memiliki alat mixer atau terlalu malas untuk menggunakannya. Tidak perlu khawatir, karena resep bolu tanpa mixer ini cocok untuk kalian yang ingin mencoba membuat bolu dengan cara yang lebih sederhana. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat bolu, ada baiknya untuk menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu tanpa mixer ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasar atau toko-toko bahan kue terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 200 gram
Gula pasir 150 gram
Telur ayam 3 butir
Susu cair 100 ml
Mentega cair 100 gram
Baking powder 1 sendok teh
Vanili bubuk 1 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh

Cara Membuat

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah membuat adonan bolu. Berikut adalah cara membuat bolu tanpa mixer dengan langkah yang mudah dan praktis.

1. Pertama-tama, siapkan loyang bulat dengan diameter 20 cm dan olesi dengan mentega cair. Setelah itu, panaskan oven dengan suhu 180 derajat Celsius.

2. Masukkan telur dan gula pasir ke dalam wadah dan kocok dengan whisk atau sendok kayu hingga mengembang dan berwarna putih pucat.

3. Kemudian, masukkan susu cair dan mentega cair secara bertahap sambil terus diaduk hingga rata.

4. Setelah itu, masukkan tepung terigu, baking powder, vanili bubuk, dan garam. Aduk rata hingga tidak ada lagi gumpalan tepung dalam adonan.

5. Tuang adonan bolu ke dalam loyang yang sudah disiapkan tadi. Ratakan permukaannya dengan spatula.

6. Panggang bolu dalam oven yang sudah dipanaskan tadi selama 30-35 menit hingga matang dan berwarna kecoklatan di permukaannya.

7. Setelah matang, keluarkan bolu dari oven dan biarkan dingin sebelum dihidangkan atau dikeluarkan dari loyang.

Tips dan Trik

Agar bolu yang dihasilkan lebih enak dan lembut, ada beberapa tips dan trik yang bisa kalian terapkan di rumah. Berikut adalah tips dan triknya:

1. Kocok adonan telur dan gula pasir dengan whisk atau sendok kayu hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Hal ini akan membuat bolu lebih lembut.

2. Gunakan mentega cair atau minyak sayur yang sudah dicairkan sebagai pengganti mixer. Hal ini akan memudahkan dalam mengaduk adonan bolu.

3. Gunakan oven sesuai dengan suhu yang dianjurkan. Jangan terlalu tinggi atau rendah, sehingga bolu matang secara merata dan tidak gosong di bagian atasnya.

Kesimpulan

Itulah resep bolu tanpa mixer yang bisa kalian coba di rumah. Meskipun tanpa menggunakan mixer, bolu yang dihasilkan tetap enak dan lembut. Jangan lupa untuk mengikuti tips dan trik yang sudah disebutkan agar bolu yang dihasilkan semakin sempurna. Selamat mencoba!

By Saputra