• Thu. Jul 18th, 2024

Resep Bolu Pisang Ambon Kukus yang Lezat dan Mudah Dibuat

BySaputra

Oct 9, 2023

Hello teman-teman pembaca setia, kali ini saya akan berbagi resep bolu pisang ambon kukus yang enak dan lezat. Untuk kamu yang suka memasak dan mencoba beragam jenis kue, cobalah untuk membuat bolu pisang ambon kukus ini di rumah. Selain mudah dibuat, rasanya juga sangat lezat dan cocok dijadikan sebagai camilan di waktu santai atau saat berkumpul bersama keluarga.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

Untuk membuat bolu pisang ambon kukus, kamu memerlukan beberapa bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasar atau toko bahan kue terdekat. Berikut ini adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

Nama Bahan Jumlah
Tepung Terigu 200 gram
Gula Pasir 150 gram
Pisang Ambon Matang 2 buah
Telur Ayam 4 butir
Mentega Cair 100 ml
Soda Kue 1 sendok teh
Vanili 1 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh

Cara Membuat:

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah memulai proses pembuatan bolu pisang ambon kukus. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan:1. Kupas pisang ambon dan haluskan dengan menggunakan garpu atau blender.2. Siapkan wadah dan masukkan telur ayam, gula pasir, mentega cair, vanili, dan garam. Kocok semua bahan tersebut dengan menggunakan mixer hingga tercampur rata.3. Tambahkan pisang ambon yang sudah dihaluskan ke dalam adonan telur, gula, dan mentega. Aduk rata.4. Setelah itu, masukkan tepung terigu dan soda kue sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan benar-benar rata dan tidak ada gumpalan tepung terigu.5. Siapkan loyang dan olesi dengan mentega atau margarin agar adonan tidak lengket. Tuang adonan ke dalam loyang.6. Panaskan kukusan dan letakkan loyang yang sudah diisi adonan tadi ke dalam kukusan. Kukus selama 30-40 menit dengan api sedang.7. Setelah matang dan mengembang, angkat loyang dari kukusan dan biarkan dingin sejenak.8. Bolu pisang ambon kukus sudah siap disajikan. Kamu bisa menambahkan topping sesuai dengan selera, misalnya keju parut atau coklat serut.

Tips dan Trik:

Agar bolu pisang ambon kukus yang kamu buat menjadi lebih lezat dan enak, ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu gunakan:1. Gunakan pisang ambon yang sudah matang dan tidak terlalu lembek agar hasilnya lebih enak.2. Kocok adonan dengan mixer hingga benar-benar tercampur rata agar tekstur adonan menjadi lembut.3. Setelah menambahkan tepung terigu dan soda kue, aduk adonan sedikit-sedikit agar tidak bergerindil.4. Gunakan kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya agar proses pengukusan berjalan dengan lancar.

Kesimpulan:

Itulah resep bolu pisang ambon kukus yang enak dan lezat. Kamu bisa membuatnya di rumah dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa bagikan resep ini kepada teman-teman kamu ya!

By Saputra