• Thu. Jul 18th, 2024

Bolu Kukus Takaran Sendok yang Lezat dan Praktis

BySaputra

Sep 22, 2023

Hello teman-teman pembaca, kali ini saya akan berbagi resep bolu kukus takaran sendok yang sangat mudah dan praktis. Bolu kukus adalah salah satu kue yang paling disukai oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang suka dengan makanan manis. Kue bolu kukus ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan atau sebagai hadiah untuk sahabat-sahabat terdekat. Nah, tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita mulai resepnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan bolu kukus, pastikan bahwa semua bahan-bahan yang diperlukan sudah tersedia dan siap digunakan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 8 sendok makan
Gula pasir 8 sendok makan
Susu bubuk 4 sendok makan
Baking powder 1 sendok teh
Telur ayam 4 butir
Air matang 200 ml
Pewarna makanan secukupnya
Margarin secukupnya (untuk mengoles loyang)

Cara Membuat Bolu Kukus Takaran Sendok

Setelah semua bahan-bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, siapkan loyang yang akan digunakan untuk memanggang bolu kukus. Oleskan margarin pada seluruh permukaan loyang, lalu sisihkan.
  2. Setelah itu, siapkan wadah yang cukup besar untuk mencampurkan semua bahan-bahan kering. Tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, dan baking powder.
  3. Aduk semua bahan kering hingga merata dan sisihkan.
  4. Ambil wadah terpisah dan kocok telur ayam hingga benar-benar tercampur rata.
  5. Tuangkan air matang ke dalam wadah dengan telur yang sudah dikocok. Aduk hingga tercampur rata.
  6. Selanjutnya, tuangkan campuran air dan telur ke dalam wadah bahan kering secara perlahan sambil terus diaduk hingga semua bahan tercampur secara merata.
  7. Tambahkan sedikit pewarna makanan ke dalam adonan untuk memberikan warna pada bolu kukus, aduk hingga merata.
  8. Siapkan panci kukus dan panaskan air di dalamnya hingga mendidih. Pastikan bahwa panci kukus yang digunakan cukup besar untuk menampung loyang bolu kukus.
  9. Setelah air mendidih, tuangkan adonan bolu kukus ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin. Taruh loyang di atas rak yang telah disiapkan di dalam panci kukus dan tutup panci dengan rapat.
  10. Kukus adonan bolu selama sekitar 30-40 menit atau hingga bolu kukus matang. Untuk memastikan bahwa bolu kukus sudah matang, gunakan tusuk gigi dan tusukkan ke dalam bolu. Jika tusuk gigi keluar bersih, maka bolu kukus sudah matang.
  11. Ambil bolu kukus dari panci kukus dan biarkan dingin sejenak sebelum dihidangkan.

Cara Penyajian

Setelah bolu kukus sudah dingin, potong-potong bolu kukus menggunakan pisau yang tajam dan sajikan di atas piring saji. Bolu kukus takaran sendok siap disantap bersama keluarga dan teman-teman. Dijamin rasanya enak dan lezat!

Kesimpulan

Demikianlah resep bolu kukus takaran sendok yang sangat mudah dan praktis. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat bolu kukus yang enak dan lezat tanpa ribet. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra