• Thu. Jul 18th, 2024

Resep Bolu Kukus 2 Telur Takaran Gelas yang Empuk dan Enak

BySaputra

Sep 27, 2023

Hello, teman-teman pembaca setia artikelku! Kali ini, aku ingin membahas tentang salah satu kue yang cukup populer di Indonesia, yaitu bolu kukus. Bolu kukus merupakan salah satu kue yang mudah dibuat dan memiliki tekstur yang lembut serta rasa yang lezat. Nah, pada kesempatan kali ini, aku akan membagikan resep bolu kukus 2 telur takaran gelas yang pastinya mudah dan praktis untuk diikuti.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat bolu kukus, pastikan terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan sudah tersedia di dapur, yuk kita lihat bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Takaran
Tepung Terigu 2 Gelas
Gula Pasir 1 Gelas
Susu Cair 1/2 Gelas
Telur 2 Butir
Baking Powder 1 Sdt
Vanili 1 Sdt
Garam 1/4 Sdt
Pewarna Makanan (Opsional) Secukupnya

Cara Membuat Bolu Kukus 2 Telur Takaran Gelas

Setelah persiapan bahan-bahan selesai, kita bisa langsung memulai membuat bolu kukus 2 telur takaran gelas dengan cara seperti berikut:

1. Siapkan wadah dan masukkan telur serta gula pasir, kocok hingga gula larut dan tercampur rata dengan telur.

2. Tambahkan susu cair ke dalam adonan telur dan gula, aduk hingga merata.

3. Masukkan tepung terigu, baking powder, vanili, dan garam ke dalam adonan, aduk hingga tercampur rata.

4. Jika ingin memberikan warna pada bolu kukus, tambahkan pewarna makanan secukupnya ke dalam adonan, aduk hingga warna merata.

5. Siapkan loyang untuk kukusan, olesi dengan mentega atau margarin, kemudian tuang adonan bolu kukus ke dalam loyang hingga penuh.

6. Siapkan panci pengukus, panaskan air hingga mendidih, kemudian kukus adonan bolu selama kurang lebih 30 menit dengan api sedang.

7. Setelah waktu 30 menit, angkat bolu kukus dan biarkan dingin sebentar sebelum dipotong-potong.

Tips dan Trik dalam Membuat Bolu Kukus

1. Pastikan bahan-bahan yang digunakan dalam keadaan segar dan dalam keadaan yang baik.

2. Ketika memasukkan tepung terigu ke dalam adonan, jangan terlalu lama mengaduknya karena bisa membuat tekstur bolu menjadi tidak lembut.

3. Jangan terlalu sering membuka tutup panci saat proses pengukusan untuk memastikan bahwa bolu kukus matang sempurna dan teksturnya lembut.

Kesimpulan

Bolu kukus 2 telur takaran gelas merupakan salah satu kue yang mudah dan praktis untuk dibuat. Dengan mengikuti resep di atas, kamu bisa membuat bolu kukus yang empuk dan enak dengan mudah. Selamat mencoba!

By Saputra