• Sun. Jul 14th, 2024

resep akar kelapa tepung ketan

BySaputra

Oct 10, 2023

Hello teman-teman pecinta masakan Indonesia! Kali ini saya ingin berbagi resep akar kelapa tepung ketan yang pasti menggugah selera. Sebelum kita mulai, mari kita bahas sedikit tentang akar kelapa. Akar kelapa adalah bahan makanan yang terbuat dari akar kelapa yang telah dikeringkan dan dihaluskan. Rasanya yang gurih dan kaya akan serat membuatnya menjadi bahan makanan yang populer di Indonesia. Bagi yang belum pernah mencoba, sebaiknya segera mencoba resep yang satu ini.

Akar kelapa tepung ketan adalah salah satu varian olahan akar kelapa yang lezat. Tepung ketan yang menjadi bahan utama membuat teksturnya menjadi kenyal dan empuk. Tak hanya itu, kombinasi rasa gurih dari kelapa dan manis dari tepung ketan membuatnya cocok dijadikan camilan sore atau hidangan penutup setelah makan siang. Yuk, langsung saja kita mulai resepnya!

Bahan-bahan:

Jenis Bahan Jumlah
Akar Kelapa Tepung 500 gram
Tepung Ketan 200 gram
Gula Pasir 150 gram
Garam 1/2 sendok teh
Santan Kelapa 500 ml
Daun Pandan 2 helai
Air Matang 100 ml
Minyak Goreng Secukupnya

Setelah menyiapkan semua bahan, langkah selanjutnya adalah memasaknya. Pertama-tama, siapkan wajan dan panaskan minyak goreng yang secukupnya. Setelah itu, tumis daun pandan hingga harum. Kemudian, masukan akar kelapa tepung dan tepung ketan. Aduk hingga tercampur rata.

Selanjutnya, masukan gula pasir dan garam. Aduk kembali hingga tercampur rata. Setelah itu, masukan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga santannya habis. Lanjutkan memasak hingga adonan menjadi kental dan agak menggumpal.

Selanjutnya, tuang air matang ke dalam adonan dan aduk hingga merata. Masak adonan kembali hingga airnya habis. Setelah airnya habis, angkat adonan dari wajan dan sisihkan.

Terakhir, tata adonan pada loyang atau tempat saji yang diinginkan. Biarkan hingga dingin dan mengeras. Setelah itu, akar kelapa tepung ketan siap disajikan. Jangan lupa untuk menghidangkan dengan toping sesuai selera seperti kacang hijau rebus, kolang-kaling, atau sirup gula merah.

Kesimpulan:

Demikianlah resep akar kelapa tepung ketan yang dapat saya bagikan pada teman-teman semua. Resep ini sangat mudah dan simpel, namun hasilnya yang lezat dan menggugah selera. Yuk, segera coba bikin di rumah!

Jangan lupa untuk mengecek kembali semua bahan dan langkah-langkah agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Selamat mencoba dan menikmati hidangan yang satu ini!

By Saputra