• Sun. Jul 14th, 2024

Olahan Ubi Ungu Sederhana yang Enak dan Sehat

BySaputra

Sep 21, 2023

Hello teman-teman pembaca setia! Kali ini saya akan berbagi resep olahan ubi ungu sederhana yang enak dan cocok untuk disajikan sebagai camilan sehat di tengah kesibukan keseharian. Ubi ungu merupakan salah satu jenis ubi-ubian yang memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Yuk, simak resepnya!

Kroket Ubi Ungu

Kroket ubi ungu adalah camilan yang cocok untuk disajikan di berbagai acara, baik sebagai camilan di rumah atau sebagai hidangan pembuka di acara formal. Untuk membuatnya, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:- 500 gram ubi ungu yang sudah dikukus- 100 gram daging ayam cincang- 2 butir telur- 100 gram tepung panir- 50 gram tepung terigu- 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan- 1 sendok teh garam- 1 sendok teh merica bubuk- Minyak goreng secukupnyaCaranya sangat mudah, pertama-tama haluskan ubi ungu yang sudah dikukus dengan garpu atau blender. Kemudian, tumis daging ayam cincang dan bawang putih hingga harum. Setelah itu, campurkan ubi ungu yang sudah dihaluskan, tepung terigu, garam, merica bubuk, dan telur ke dalam tumisan daging ayam. Aduk rata.Ambil adonan secukupnya, bentuk bulat-bulat atau sesuai selera. Celupkan ke dalam telur yang sudah dikocok lepas, lalu gulingkan di atas tepung panir hingga rata. Panaskan minyak goreng dalam wajan, goreng kroket ubi ungu hingga kecokelatan. Tiriskan dan sajikan.

Bolu Ubi Ungu

Bolu ubi ungu bisa menjadi alternatif camilan yang lezat dan sehat sebagai pengganti bolu biasa. Untuk membuatnya, kita perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:- 300 gram ubi ungu yang sudah dikukus- 4 butir telur- 100 gram gula pasir- 100 gram tepung terigu- 1 sendok teh baking powder- 1 sendok teh vanili bubuk- Margarin secukupnya untuk melumuri loyangCaranya sangat mudah, pertama-tama haluskan ubi ungu yang sudah dikukus dengan garpu atau blender. Kemudian, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih. Campurkan ubi ungu yang sudah dihaluskan ke dalam adonan telur, aduk rata.Tambahkan tepung terigu, baking powder, dan vanili bubuk ke dalam adonan, aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dilumuri margarin, panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 180 derajat Celsius selama 25-30 menit hingga matang. Sajikan.

Es Krim Ubi Ungu

Es krim ubi ungu adalah camilan sehat yang cocok untuk disajikan di musim panas. Untuk membuatnya, kita perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:- 500 gram ubi ungu yang sudah dikukus- 400 ml susu cair- 200 ml krim kental- 100 gram gula pasir- 1 sendok teh garamCaranya sangat mudah, pertama-tama haluskan ubi ungu yang sudah dikukus dengan garpu atau blender. Kemudian, masukkan ubi ungu yang sudah dihaluskan ke dalam panci. Tambahkan susu cair, krim kental, gula pasir, dan garam. Aduk rata.Panaskan panci di atas kompor dengan api kecil hingga adonan es krim mulai mengental. Setelah itu, angkat dan biarkan dingin. Tuang adonan ke dalam wadah es krim, simpan dalam freezer selama minimal 3 jam. Es krim ubi ungu siap disajikan.

Kesimpulan

Itulah tiga resep olahan ubi ungu sederhana yang enak dan sehat. Ubi ungu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, sehingga sangat disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin. Selamat mencoba!

Bahan Jumlah
Ubi Ungu 500 gram
Daging Ayam Cincang 100 gram
Telur 2 butir
Tepung Panir 100 gram
Tepung Terigu 50 gram
Bawang Putih 2 siung
Garam 1 sendok teh
Merica Bubuk 1 sendok teh
Minyak Goreng Secukupnya
Gula Pasir 100 gram
Baking Powder 1 sendok teh
Vanili Bubuk 1 sendok teh
Margarin Secukupnya
Susu Cair 400 ml
Krim Kental 200 ml
Garam 1 sendok teh

By Saputra