• Sun. Jul 14th, 2024

olahan ikan cakalang

BySaputra

Dec 19, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang olahan ikan cakalang. Ikan cakalang merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki cita rasa yang lezat dan kaya akan nutrisi. Banyak sekali cara untuk mengolah ikan cakalang menjadi hidangan yang menggugah selera. Yuk, kita simak bersama-sama!

Salah satu olahan ikan cakalang yang populer adalah cakalang bakar. Cara memasaknya pun cukup sederhana. Pertama-tama, bersihkan ikan cakalang dengan air mengalir agar terbebas dari kotoran. Setelah itu, lumuri ikan cakalang dengan bumbu yang terdiri dari garam, merica, dan sedikit air jeruk nipis. Diamkan selama beberapa menit agar bumbu meresap ke dalam ikan. Kemudian, panggang ikan cakalang di atas bara api atau panggangan hingga matang sempurna. Sajikan cakalang bakar dengan nasi hangat dan sambal terasi, nikmatnya luar biasa!

Selain cakalang bakar, ada juga olahan ikan cakalang pedas. Untuk membuat hidangan ini, kita membutuhkan bahan-bahan seperti ikan cakalang, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, tomat, gula, garam, dan air matang. Pertama, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Kemudian, masukkan cabai merah dan cabai rawit yang telah diiris tipis. Setelah itu, tambahkan potongan tomat dan aduk rata. Selanjutnya, masukkan ikan cakalang yang sudah dicincang kasar dan tambahkan sedikit air matang. Tambahkan gula dan garam secukupnya, lalu masak hingga bumbu meresap dan ikan matang. Sajikan ikan cakalang pedas dengan nasi putih hangat, pasti bikin lidah bergoyang!

Selain itu, kita juga bisa membuat pepes cakalang yang lezat. Pertama-tama, cincang bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, dan daun kemangi. Haluskan bumbu seperti ketumbar, kunyit, jahe, dan garam. Campurkan semua bumbu dengan ikan cakalang yang telah dibersihkan. Kemudian, bungkus ikan cakalang dan bumbu dengan daun pisang. Panggang pepes cakalang di atas bara api atau kukus selama kurang lebih 30 menit. Sajikan pepes cakalang dengan nasi hangat dan lalapan segar, pasti jadi hidangan favorit di rumah!

Tidak hanya itu, ikan cakalang juga dapat diolah menjadi abon yang gurih. Pertama, rebus ikan cakalang hingga matang. Setelah itu, tiriskan dan biarkan hingga dingin. Kemudian, suwir ikan cakalang hingga lembut. Panaskan minyak di wajan, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan ikan cakalang suwir dan aduk rata dengan bumbu. Tambahkan kecap manis, gula, dan garam secukupnya. Masak hingga ikan cakalang menjadi kering dan gurih. Angkat abon cakalang dan sajikan dengan nasi hangat, selai, atau taburan di atas mie kuning, nikmatnya tak terhingga!

Itulah beberapa olahan ikan cakalang yang bisa kita coba di rumah. Selain lezat, ikan cakalang juga mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, omega-3, dan zat besi. Jadi, tidak ada salahnya mencoba untuk mengolah dan menikmati ikan cakalang ini. Selamat mencoba dan semoga hidangan kamu selalu dinikmati oleh keluarga dan teman-teman. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel menarik berikutnya, Sobat Info Negeri!

By Saputra