• Thu. Jul 18th, 2024

olahan ikan asin peda

BySaputra

Dec 13, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang olahan ikan asin peda. Siapa yang tidak kenal dengan ikan asin peda? Makanan yang satu ini sangat terkenal di Indonesia, terutama di daerah pesisir. Ikan asin peda memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang olahan ikan asin peda yang lezat dan menggugah selera!

Untuk kamu yang belum tahu, ikan asin peda adalah ikan laut yang diasinkan dengan garam dan bumbu-bumbu khas. Biasanya, ikan yang digunakan untuk membuat ikan asin peda adalah ikan tenggiri, tongkol, atau layang. Proses pengasinan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengawetkan ikan agar tahan lebih lama. Selain itu, pengasinan juga memberikan rasa gurih khas pada ikan.

Salah satu olahan ikan asin peda yang paling populer adalah ikan asin peda goreng. Untuk membuatnya, ikan asin peda yang telah dibersihkan direndam terlebih dahulu dalam air hangat agar garam yang berlebihan dapat larut. Setelah itu, ikan dikeringkan dengan menggunakan kain bersih atau tisu dapur. Setelah kering, ikan asin peda dapat digoreng dengan sedikit minyak hingga kecokelatan. Ikan asin peda goreng memiliki tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Nikmat sekali untuk dinikmati sebagai lauk-pauk atau dimakan langsung dengan nasi hangat.

Selain itu, ada juga olahan ikan asin peda yang bisa dijadikan hidangan utama, yaitu ikan asin peda bakar. Ikan asin peda bakar memiliki aroma yang begitu menggoda. Untuk membuatnya, ikan asin peda yang telah direndam dan dikeringkan seperti pada proses pembuatan ikan asin peda goreng tadi, kemudian dibakar dengan api sedang hingga matang sempurna. Ikan asin peda bakar dapat disajikan dengan nasi hangat dan sambal merah yang pedas. Rasanya yang gurih dan sedikit manis akan membuat lidah kamu bergoyang.

Tidak hanya itu, ikan asin peda juga dapat diolah menjadi hidangan seafood yang menggugah selera, yaitu mie asin peda. Untuk membuat mie asin peda, ikan asin peda dihaluskan atau dihancurkan menjadi bumbu. Bumbu ikan asin peda tersebut lalu dicampur dengan mie yang telah direbus dan ditiriskan. Tambahkan sedikit minyak sayur dan saus tiram untuk memberikan cita rasa yang lebih lezat. Mie asin peda siap disajikan dengan taburan daun bawang dan irisan cabe rawit sebagai pelengkap. Hidangan ini pasti akan membuat kamu ketagihan!

Selain itu, masih banyak lagi olahan ikan asin peda lainnya yang dapat kamu coba, seperti ikan asin peda tumis buncis atau ikan asin peda kuah santan. Kedua hidangan tersebut memiliki rasa yang begitu lezat dan menggugah selera. Variasi olahan ikan asin peda ini bisa kamu sesuaikan dengan selera dan preferensi masing-masing.

Ternyata, olahan ikan asin peda memiliki banyak variasi yang lezat dan menggugah selera, bukan? Kamu juga bisa mengkreasikan olahan ikan asin peda sesuai dengan selera dan kreasi kamu sendiri. Jangan lupa selalu memilih ikan asin peda yang segar dan berkualitas agar hasil olahan kamu semakin nikmat. Selamat mencoba dan nikmati hidangan yang lezat ini, Sobat Info Negeri!

Demikianlah artikel mengenai olahan ikan asin peda yang lezat dan menggugah selera. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menginspirasi kamu untuk mencoba variasi hidangan ikan asin peda. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu agar mereka juga dapat menikmati kelezatan hidangan ikan asin peda. Terima kasih telah menyimak artikel ini. Sampai bertemu pada artikel berikutnya, Sobat Info Negeri!

By Saputra