• Thu. Jul 18th, 2024

membuat nastar

BySaputra

Sep 22, 2023

Hello teman-teman! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat nastar. Siapa yang tidak kenal dengan kue yang satu ini? Nastar atau kue tart nenas ini merupakan salah satu kue khas Indonesia yang sangat populer dan banyak disukai oleh masyarakat. Selain rasanya yang lezat, kue nastar juga memiliki bentuk yang unik dengan isian selai nanas di dalamnya. Nah, jika kalian ingin membuat nastar sendiri di rumah, berikut adalah beberapa langkahnya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat NastarSebelum memulai proses pembuatan nastar, pastikan terlebih dahulu bahwa kalian sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Beberapa bahan yang perlu disiapkan antara lain tepung terigu, mentega, gula halus, kuning telur, susu kental manis, selai nanas, dan garam. Pastikan kalian membeli bahan-bahan yang berkualitas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Membuat Adonan NastarLangkah pertama dalam membuat nastar adalah membuat adonan dasarnya terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, campurkan tepung terigu, mentega, gula halus, kuning telur, susu kental manis, dan garam ke dalam wadah. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan adonan terlihat kenyal. Setelah itu, bungkus adonan dengan plastik wrap dan letakkan dalam lemari es selama 30 menit.

Cara Membuat Isian NastarSelanjutnya, saat adonan sudah dingin, ambil adonan dan pipihkan dengan menggunakan rolling pin. Setelah itu, ambil selai nanas dan letakkan di atas adonan. Gulung adonan dan isian nanas hingga membentuk lingkaran kecil. Kemudian, letakkan adonan tersebut di atas loyang yang sudah dioles mentega.

Cara Memanggang NastarSaat adonan sudah siap, selanjutnya adalah proses pemanggangan. Panaskan oven terlebih dahulu selama 10 menit. Kemudian, letakkan adonan di atas loyang yang sudah dioles mentega dan panggang dalam oven selama 20-25 menit hingga nastar benar-benar matang dan berwarna kecoklatan.

Cara Menyajikan NastarSetelah nastar sudah matang, dinginkan terlebih dahulu sebelum disajikan. Kue nastar bisa disajikan dalam keadaan dingin atau suhu ruangan, tergantung selera kalian. Untuk penyajian yang lebih menarik, kalian bisa menambahkan taburan gula halus di atas nastar sebelum disajikan.

Tips dan Trik dalam Membuat NastarAgar nastar yang kalian buat lebih lezat dan enak, ada beberapa tips dan trik yang bisa kalian lakukan. Pertama, saat membuat adonan dasar, pastikan untuk mengaduk adonan hingga terlihat kenyal dan tidak terlalu lembek. Kedua, saat membuat isian nanas, pastikan untuk menggunakan selai nanas yang kualitasnya baik dan tidak terlalu cair. Ketiga, saat memanggang nastar, pastikan oven sudah dipanaskan terlebih dahulu agar kue matang dengan sempurna.

Bahan-bahan Jumlah
Tepung terigu 250 gram
Mentega 150 gram
Gula halus 100 gram
Kuning telur 2 butir
Susu kental manis 2 sendok makan
Selai nanas 200 gram
Garam 1/4 sendok teh

KesimpulanItulah tadi beberapa langkah dan tips dalam membuat nastar yang lezat dan enak di rumah. Meskipun terlihat mudah, namun kalian tetap perlu memperhatikan setiap langkahnya agar nastar yang kalian buat bisa berhasil dengan maksimal. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra