• Sun. Jul 14th, 2024

masak udang simple

BySaputra

Jul 19, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga hari-harimu menyenangkan dan penuh keceriaan. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak udang yang simpel, tetapi tetap menghasilkan hidangan yang lezat. Udang adalah salah satu makanan laut yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang enak dan teksturnya yang kenyal membuat udang menjadi pilihan favorit banyak orang. Nah, tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai memasak udang yang simpel namun menggugah selera!

Ada berbagai cara untuk memasak udang, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Namun, kali ini kita akan berfokus pada cara memasak udang yang simpel. Kita akan menggunakan bumbu-bumbu sederhana yang mudah ditemukan di dapur kita sehari-hari. Jadi, siapkan udang segar dan mari kita mulai memasak!

Langkah pertama adalah membersihkan udang. Pastikan udang telah dikupas dan diberi sayatan di punggungnya untuk memudahkan kita dalam menghilangkan bagian ususnya. Bersihkan udang dengan air mengalir dan tiriskan. Jika ingin lebih pedas, Anda juga bisa menambahkan irisan cabai rawit ke dalam air saat membersihkan udang.

Setelah udang bersih, kita akan mulai memasaknya. Panaskan wajan dengan sedikit minyak sayur atau minyak zaitun. Pastikan minyak cukup untuk menutupi dasar wajan. Tunggu hingga minyak panas sebelum memasukkan udang ke dalam wajan. Jangan khawatir, proses memasak udang ini akan sangat cepat!

Ketika minyak sudah cukup panas, masukkan udang ke dalam wajan. Tumis udang selama beberapa menit hingga berubah warna menjadi merah kekuningan. Pastikan untuk terus mengaduk udang agar matang merata dan tidak gosong. Jika ingin menambahkan rasa gurih pada udang, Anda bisa menambahkan sedikit kecap manis atau kecap asin saat menumisnya.

Selanjutnya, tambahkan bumbu-bumbu sederhana seperti garam, merica, bawang putih yang dihaluskan, dan daun bawang cincang. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap ke dalam udang selama beberapa menit. Jika suka dengan rasa pedas, Anda juga bisa menambahkan irisan cabai merah atau saus sambal sesuai selera.

Setelah bumbu meresap, tambahkan sedikit air ke dalam wajan. Tutup wajan dan biarkan udang matang dan bumbu meresap sempurna. Jangan terlalu lama memasak udang agar tetap kenyal dan tidak terlalu keras. Cicipi udang untuk memastikan bahwa rasanya sudah pas. Tambahkan gula atau garam jika diperlukan.

Saat udang sudah matang, angkat dari wajan dan sajikan di atas piring dengan taburan daun bawang cincang sebagai hiasan. Udang yang simpel ini bisa disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai pelengkap masakan lainnya, seperti nasi goreng atau mi goreng. Jangan lupa sediakan sambal atau saus kesukaanmu untuk menambah cita rasa udang yang lezat ini.

Selain simpel, memasak udang juga memiliki banyak manfaat. Udang kaya akan protein, kalsium, fosfor, serta vitamin dan mineral lainnya. Selain itu, udang juga rendah kalori dan lemak jenuh, sehingga cocok untuk kamu yang sedang menjaga berat badan atau menerapkan pola makan sehat.

Terakhir, jangan lupa untuk mencuci peralatan masak setelah memasak udang. Bersihkan wajan dan alat masak dengan air panas dan sabun untuk menghindari pertumbuhan bakteri. Pastikan juga untuk mencuci tangan dengan sabun setelah menyentuh udang mentah. Kebersihan adalah kunci dalam memasak makanan yang sehat dan lezat.

Nah, itulah cara memasak udang yang simpel namun menggugah selera. Dengan bumbu-bumbu sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, kamu bisa menikmati hidangan udang yang lezat di rumah. Jangan lupa untuk memilih udang yang segar untuk hasil terbaik. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan udang simpel ala Sobat Info Negeri!

Salam hangat,

Penulis

By Saputra