masak telur puyuh kecap

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep masak telur puyuh kecap yang lezat dan mudah untuk diikuti. Siapa yang tidak suka dengan telur puyuh? Telur mungil dengan rasa yang lezat ini memang sangat populer di kalangan pecinta kuliner. Nah, tidak perlu berlama-lama lagi, yuk langsung saja kita simak resepnya!

Telur puyuh termasuk dalam keluarga burung unggas dan memiliki ukuran yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan telur ayam pada umumnya. Daging telur puyuh lebih lembut dan memiliki rasa yang lebih kaya. Selain itu, telur puyuh juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh kita, seperti protein, vitamin B12, fosfor, dan zat besi.

Mari kita mulai memasak telur puyuh kecap yang lezat ini. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan berikut:- 10 butir telur puyuh- 3 sendok makan kecap manis- 2 sendok makan saus tiram- 2 siung bawang putih, cincang halus- 1 buah cabai merah, iris tipis- 1 sendok teh gula pasir- Minyak goreng secukupnya- Garam secukupnya

Setelah semua bahan siap, langkah-langkahnya pun cukup mudah. Pertama, rebus air dalam panci hingga mendidih. Masukkan telur puyuh ke dalam air mendidih dan rebus selama sekitar 3-4 menit. Setelah itu, angkat dan tiriskan telur puyuh.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan cabai merah iris dan aduk-aduk sebentar. Setelah itu, tambahkan kecap manis dan saus tiram ke dalam wajan. Aduk rata hingga tercampur dengan baik.

Setelah bumbu tercampur dengan baik, masukkan telur puyuh yang telah direbus tadi ke dalam wajan. Aduk-aduk perlahan agar bumbu meresap ke dalam telur puyuh. Tambahkan gula pasir dan garam secukupnya sesuai dengan selera.

Masak telur puyuh kecap selama sekitar 5 menit atau hingga bumbu meresap dengan sempurna. Pastikan setiap bagian telur puyuh terbalut oleh bumbu kecap yang lezat. Jika dirasa sudah matang, angkat telur puyuh kecap dari wajan dan sajikan di atas piring saji.

Telur puyuh kecap ini sangat cocok disajikan sebagai lauk pendamping nasi hangat di siang atau malam hari. Rasanya yang gurih dan manis akan membuat makananmu semakin lezat dan menggugah selera. Kamu juga bisa menambahkan sayuran seperti daun bawang atau irisan wortel sebagai hiasan agar tampilan telur puyuh kecap semakin menarik.

Selain itu, telur puyuh kecap juga bisa dijadikan sebagai cemilan atau camilan ketika sedang bersantai di rumah. Cukup siapkan beberapa tusuk gigi, tancapkan telur puyuh kecap yang telah dimasak pada tusuk gigi, dan hidangkan kepada keluarga atau teman-temanmu. Mereka pasti akan terkesan dengan kelezatan camilan yang satu ini.

Jadi, sobat Info Negeri, itulah resep untuk membuat telur puyuh kecap yang lezat dan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari inspirasi dalam masak-memasak. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini!