• Wed. Jul 17th, 2024

masak sarden simple

BySaputra

Nov 10, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep masak sarden simple yang bisa menjadi pilihan untuk menu makan malam atau makan siangmu. Nggak perlu repot-repot mencari bahan-bahan yang sulit didapatkan, karena resep ini menggunakan bahan-bahan yang sederhana dan mudah ditemukan di toko-toko terdekat. Yuk, simak artikel berikut ini sampai tuntas!

Sarden adalah makanan kaleng yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih dan praktis membuat sarden menjadi pilihan favorit untuk bekal makan siang atau sebagai menu darurat saat kehabisan bahan makanan di rumah. Namun, kali ini kita akan mencoba membuat sarden dengan sentuhan personal yang lebih spesial dan tentunya lebih lezat.

Bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat masak sarden simple ini sangat mudah didapatkan. Kamu hanya perlu menyiapkan 3 kaleng sarden, 1 bawang bombay, 3 siung bawang putih, 2 buah cabai merah, 2 buah tomat merah, dan beberapa potong daun seledri. Jangan lupa juga menyiapkan bumbu-bumbu seperti garam, merica, dan kaldu ayam bubuk sesuai selera.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menumis bawang bombay dan bawang putih yang sudah dicincang halus. Tumis hingga harum dan berubah warna menjadi kecokelatan. Setelah itu, tambahkan cabai merah yang sudah diiris tipis. Tumis kembali hingga cabai layu dan mengeluarkan aroma yang menggugah selera.

Selanjutnya, masukkan tomat yang sudah dipotong dadu ke dalam tumisan bawang dan cabai. Aduk rata dan masak hingga tomat menjadi lembut dan matang. Tambahkan sedikit air jika diperlukan untuk menghasilkan kaldu yang lebih gurih.

Setelah itu, masukkan sarden yang sudah kamu tiriskan dari air kalengnya ke dalam tumisan. Aduk perlahan agar sarden tidak hancur dan merata dengan bumbu. Berikan garam, merica, dan kaldu ayam bubuk secukupnya sesuai dengan selera kamu. Aduk kembali hingga bumbu meresap dan sarden matang sempurna.

Terakhir, tambahkan seledri yang sudah dicincang halus ke dalam masakan sardenmu. Seledri akan memberikan aroma segar dan kesegaran pada masakan sardenmu. Aduk sebentar dan matikan api. Sarden simple siap disajikan!

Sarden simple yang kamu buat ini bisa langsung dinikmati dengan nasi putih hangat atau roti tawar kesukaanmu. Kamu juga bisa menambahkan irisan bawang merah dan irisan cabai rawit sebagai pelengkap untuk menambah kenikmatan masakanmu.

Selain itu, kamu juga bisa berkreasi dengan masakan sarden simple ini. Misalnya, kamu bisa menambahkan sayuran seperti wortel atau kacang polong untuk memberikan nutrisi yang lebih lengkap pada masakanmu. Atau, kamu bisa menambahkan bumbu-bumbu lain seperti daun salam atau daun jeruk untuk memberikan aroma yang khas.

Nah, itulah resep masak sarden simple yang bisa kamu coba di rumah. Praktis, gurih, dan pastinya lezat. Kamu tidak perlu khawatir kehabisan bahan makanan di rumah, karena sarden kaleng selalu menjadi pilihan yang tepat untuk menyelamatkan makananmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra