• Sun. Jul 14th, 2024

masak opor

BySaputra

Dec 13, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian dalam keadaan yang baik dan semangat untuk membaca artikel kali ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang salah satu masakan khas Indonesia yang lezat dan menggugah selera, yaitu masak opor.

Opor merupakan salah satu masakan tradisional Indonesia yang telah ada sejak zaman dulu. Masakan ini memiliki cita rasa yang khas dan sering dihidangkan pada acara-acara spesial, seperti lebaran atau perayaan keluarga. Opor sendiri terbuat dari bahan dasar daging ayam yang dimasak dengan rempah-rempah yang kaya akan rasa.

Untuk membuat opor, bahan utama yang diperlukan adalah daging ayam. Pilihlah daging ayam yang segar dan berkualitas untuk menghasilkan masakan yang enak dan lezat. Setelah itu, bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, serai, dan kunyit akan memberikan aroma dan cita rasa yang khas pada masakan opor ini.

Langkah pertama dalam memasak opor adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bersihkan daging ayam dan potong sesuai selera. Kemudian, haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, serai, dan kunyit dengan menggunakan blender atau ulekan. Pastikan bumbu-bumbu tersebut benar-benar halus agar menghasilkan opor yang lezat.

Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan dan tumis bumbu-bumbu yang telah dihaluskan tadi hingga harum. Tambahkan daun salam dan daun jeruk agar aroma masakan semakin sedap. Setelah itu, masukkan potongan daging ayam ke dalam wajan dan aduk hingga daging berubah warna.

Kemudian, tuangkan santan ke dalam wajan dan aduk rata dengan daging ayam. Masak hingga santan mendidih dan berminyak. Setelah itu, tambahkan garam, gula, dan kaldu ayam sesuai selera. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur sempurna. Biarkan masakan opor ini mendidih dengan api kecil selama beberapa menit agar bumbu meresap ke dalam daging ayam.

Setelah semua bumbu meresap, opor siap untuk disajikan. Kamu bisa menambahkan beberapa potong telur rebus dan irisan daun bawang sebagai pelengkap. Jangan lupa juga untuk menyajikan opor dengan nasi putih hangat agar rasanya semakin nikmat.

Opor merupakan masakan yang sangat cocok disantap bersama keluarga tercinta. Rasanya yang gurih dan lezat akan membuat momen makan semakin spesial. Selain itu, masakan ini juga bisa disimpan dalam lemari es dan dihangatkan kembali saat ingin disajikan, sehingga kamu bisa menikmati opor kapan saja.

Selain rasanya yang lezat, opor juga memiliki manfaat kesehatan. Daging ayam mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Selain itu, bumbu-bumbu yang digunakan dalam opor juga memiliki khasiat masing-masing, seperti jahe yang bisa membantu mengatasi masalah pencernaan dan kunyit yang memiliki efek antiinflamasi.

Nah, itulah artikel singkat tentang masak opor yang bisa saya bagikan kepada Sobat Info Negeri. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi kalian untuk mencoba membuat opor di rumah. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini kepada teman-teman kalian yang juga pecinta masakan Indonesia. Selamat mencoba dan selamat menikmati opor yang lezat!

By Saputra