masak kikil bumbu kuning

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep masakan yang lezat dan menggugah selera, yaitu “masak kikil bumbu kuning”. Siapa yang tidak suka dengan olahan daging kikil yang empuk dan bumbu kuning yang kaya akan rasa? Nah, langsung saja yuk kita simak resepnya!

Kikil merupakan bagian dari sapi yang berasal dari bagian kaki sapi yang terletak di antara sengkel dan paha belakang. Biasanya, kikil ini memiliki tekstur yang kenyal dan enak untuk dimasak. Salah satu cara memasak kikil yang populer adalah dengan bumbu kuning. Bumbu kuning merupakan bumbu tradisional Indonesia yang memiliki rasa yang khas dan aromanya yang menggugah selera.

Untuk membuat masakan kikil bumbu kuning ini, berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

– 500 gram kikil sapi, potong-potong sesuai selera- 2 lembar daun salam- 2 cm lengkuas, memarkan- 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya- 1 batang serai, memarkan- 2 buah tomat, potong-potong- 2 sendok makan minyak goreng- Garam secukupnya

Untuk bumbu kuning, siapkan bahan-bahan berikut:

– 5 butir bawang merah- 3 siung bawang putih- 3 cm kunyit, kupas dan iris tipis- 3 cm jahe, kupas dan iris tipis- 3 butir kemiri, sangrai- 1 sendok teh ketumbar bubuk- 1 sendok teh merica bubuk

Setelah semua bahan tersedia, berikut adalah langkah-langkah dalam memasak masakan kikil bumbu kuning:

1. Pertama-tama, rebus kikil dalam air mendidih selama sekitar 30 menit. Setelah itu, buang air rebusan dan bilas kikil dengan air bersih. Potong-potong kikil sesuai selera, kemudian sisihkan.

2. Selanjutnya, haluskan semua bahan bumbu kuning menggunakan blender atau ulekan hingga halus. Tambahkan sedikit air jika diperlukan.

3. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu kuning hingga harum dan matang.

4. Masukkan daun salam, lengkuas, daun jeruk, dan serai ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata hingga bumbu tercampur merata.

5. Masukkan kikil yang sudah dipotong ke dalam wajan, aduk rata dengan bumbu kuning. Tambahkan air secukupnya hingga kikil terendam.

6. Tambahkan potongan tomat ke dalam masakan kikil, aduk rata dan masak hingga kikil empuk dan bumbu meresap. Hal ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 jam. Jangan lupa untuk sesekali mencicipi kuahnya dan tambahkan garam secukupnya sesuai selera.

7. Setelah kikil empuk dan bumbu meresap, angkat masakan kikil bumbu kuning ke dalam mangkuk saji.

8. Masakan kikil bumbu kuning siap disajikan! Hidangkan bersama nasi putih hangat dan pelengkap lainnya seperti acar timun atau sambal.

Itulah resep untuk masakan kikil bumbu kuning yang lezat dan menggugah selera. Selain memiliki rasa yang enak, masakan ini juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Jadi, tidak ada salahnya mencoba masakan ini di rumah ya, Sobat Info Negeri!

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari resep masakan yang lezat dan ingin mencoba masak kikil bumbu kuning. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan yang lezat ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!