masak kerang ijo

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Sudah siap untuk mendapatkan resep baru yang nikmat dan menggugah selera? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang masakan tradisional yang sangat lezat, yaitu “masak kerang ijo”.

Masak kerang ijo adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat populer di daerah pesisir. Dalam hidangan ini, kerang hijau segar yang masih berkulit keras dimasak dengan bumbu khas Indonesia yang menggoda selera. Rasanya yang gurih dan pedas membuatnya menjadi favorit banyak orang.

Untuk membuat masak kerang ijo, berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. 500 gram kerang hijau segar2. 2 batang serai, memarkan3. 4 lembar daun jeruk purut4. 5 lembar daun salam5. 3 cm lengkuas, memarkan6. 5 buah cabai hijau, iris tipis7. 4 siung bawang merah, iris tipis8. 3 siung bawang putih, cincang halus9. 2 buah tomat, potong dadu10. 1 sendok makan air asam jawa11. Garam secukupnya12. Gula secukupnya13. Minyak untuk menumis

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan kerang hijau. Cuci kerang dengan air bersih hingga bersih dari kotoran dan pasir. Setelah itu, rendam kerang dalam air garam selama beberapa menit untuk menghilangkan kotoran yang lebih sulit dihilangkan. Bilas kembali dengan air bersih dan tiriskan.

Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan tumis. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan serai, daun jeruk purut, daun salam, dan lengkuas. Aduk rata hingga tercium aroma harum dari rempah-rempah tersebut. Masukkan cabai hijau dan tomat, aduk hingga tomat sedikit layu.

Setelah itu, tambahkan kerang hijau yang telah dibersihkan ke dalam wajan. Aduk rata hingga kerang tercampur dengan bumbu. Tuangkan air secukupnya, lalu tutup wajan. Masak hingga kerang matang dan bumbu meresap, sekitar 10-15 menit.

Setelah kerang matang, tambahkan air asam jawa, garam, dan gula secukupnya sesuai selera. Aduk rata dan masak kembali hingga bumbu meresap sempurna. Jangan lupa untuk mencicipi rasanya dan sesuaikan dengan selera masing-masing.

Sekarang, masak kerang ijo yang lezat siap dihidangkan! Sajikan di atas piring dan hiasi dengan irisan daun bawang atau seledri sebagai garnis. Nikmati hidangan ini selagi hangat bersama dengan nasi putih. Rasakan kelezatan kerang hijau yang juicy dan bumbu yang pedas menggoda selera.

Masak kerang ijo bisa menjadi pilihan hidangan yang sempurna untuk acara makan malam bersama keluarga atau teman-teman. Selain rasanya yang lezat, masakan ini juga kaya akan nutrisi karena kerang hijau mengandung banyak protein dan mineral penting.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba masak kerang ijo di rumah. Dengan resep ini, kamu bisa menikmati hidangan lezat dan autentik tanpa harus pergi ke restoran. Selain itu, kamu juga bisa menghemat uang dan menghadirkan kebahagiaan di meja makan keluarga.

Itulah artikel tentang “masak kerang ijo” yang santai kali ini. Semoga resep ini bermanfaat bagi Sobat Info Negeri yang ingin mencoba hidangan tradisional yang lezat. Selamat mencoba dan selamat menikmati!