• Thu. Jul 18th, 2024

masak kepiting asam manis

BySaputra

Nov 16, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga kalian dalam keadaan sehat dan ceria. Kali ini, saya ingin berbagi sebuah resep yang pastinya akan membuat lidah kalian terasa bergoyang-goyang. Siapa di sini yang suka dengan makanan laut? Jika kalian adalah penggemar makanan laut, maka masakan kepiting asam manis adalah pilihan yang tepat untuk kalian coba. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara mudah untuk memasak kepiting asam manis yang lezat. Simak terus ya!

Kepiting asam manis merupakan salah satu hidangan yang populer di Indonesia. Rasa asam dan manis yang terpadu dalam satu hidangan ini mampu menggugah selera dan membuat siapa pun yang mencobanya ketagihan. Kepiting yang digunakan biasanya adalah kepiting rajungan yang segar. Rasanya yang gurih dan dagingnya yang lezat membuat kepiting rajungan menjadi pilihan yang tepat untuk hidangan ini.

Pertama-tama, kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Untuk memasak kepiting asam manis, kita membutuhkan kepiting rajungan segar sebanyak satu kilogram. Selain itu, kita juga perlu menyiapkan bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, jahe, gula merah, saus tomat, saus cabai, kecap manis, air asam jawa, dan garam secukupnya. Jangan lupa juga untuk menyiapkan minyak goreng dalam jumlah yang cukup.

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan kepiting rajungan. Bersihkan kepiting dengan hati-hati, buang bagian yang tidak diinginkan seperti insang dan bagian perutnya. Jangan lupa untuk membersihkan cangkangnya agar terbebas dari kotoran. Setelah itu, potong kepiting menjadi beberapa bagian agar lebih mudah saat dimasak.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit, dan jahe sampai harum. Setelah itu, masukkan potongan kepiting rajungan ke dalam wajan dan aduk rata. Tambahkan gula merah, saus tomat, saus cabai, kecap manis, air asam jawa, dan garam secukupnya. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap ke dalam daging kepiting selama beberapa menit.

Setelah bumbu tercampur sempurna, tambahkan air secukupnya ke dalam wajan. Tutup wajan dan biarkan kepiting matang selama kurang lebih 15-20 menit. Perhatikan keadaan kepiting, pastikan dagingnya sudah matang sempurna dan bumbunya meresap dengan baik. Jika sudah matang, angkat kepiting dari wajan dan tuangkan dalam piring saji.

Kepiting asam manis siap untuk disantap! Hidangan ini dianjurkan untuk disajikan dalam keadaan hangat. Kepiting yang lezat dengan rasa asam dan manis yang terpadu akan membuat lidah kalian bergoyang-goyang. Nikmati kepiting asam manis ini bersama dengan nasi putih hangat dan sajian sayuran segar untuk menambah kenikmatan hidangan ini.

Selain rasanya yang lezat, masakan ini juga memiliki manfaat kesehatan. Kepiting mengandung protein tinggi yang baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot. Selain itu, kepiting juga mengandung zat besi dan selenium yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, dengan memasak kepiting asam manis, kalian tidak hanya mendapatkan kenikmatan rasa, tetapi juga manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.

Nah, Sobat Info Negeri, itulah cara mudah untuk memasak kepiting asam manis yang lezat. Yuk, cobain resep ini di rumah dan rasakan sensasi asam dan manis yang menggoda dalam satu hidangan. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini! Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kalian seputar kuliner Indonesia. Sampai jumpa pada artikel-artikel selanjutnya! Terima kasih telah membaca.

By Saputra