• Wed. Jul 17th, 2024

masak kari kambing

BySaputra

Dec 20, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Saya harap kalian semua baik-baik saja. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang resep masak kari kambing yang lezat dan menggugah selera. Siapa sih yang tidak suka dengan hidangan yang satu ini? Kari kambing memang menjadi salah satu hidangan favorit di Indonesia, terutama bagi pecinta masakan pedas dan berbumbu.

Kari kambing adalah hidangan berbahan dasar daging kambing yang dimasak dengan campuran rempah-rempah yang khas. Rasa gurih dan pedasnya sangat menggugah selera, terutama ketika dihidangkan bersama nasi putih hangat. Tidak hanya itu, aroma harum dari bumbu-bumbu yang digunakan juga membuat hidangan ini semakin menggiurkan.

Sebelum kita memulai proses memasak, tentu saja kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Untuk membuat kari kambing, kita akan membutuhkan daging kambing yang sudah dipotong-potong sesuai selera, bumbu kari, santan kelapa, serta beberapa bumbu dapur lainnya seperti bawang merah, bawang putih, jahe, serai, daun salam, dan cabai rawit.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bumbu kari. Bumbu kari dapat dibeli di pasar atau supermarket terdekat, namun jika ingin mencoba membuatnya sendiri, berikut adalah resep bumbu kari yang sederhana namun lezat:

– 2 sendok makan bubuk ketumbar- 1 sendok teh bubuk kunyit- 1 sendok teh bubuk jinten- 1 sendok teh bubuk lada hitam- Setengah sendok teh bubuk cabe merah- Setengah sendok teh bubuk kayu manis- Setengah sendok teh bubuk kencur- Secukupnya garam dan gula pasir

Setelah bumbu kari siap, langkah berikutnya adalah menggoreng bumbu-bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, jahe, serai, dan daun salam. Tumis bumbu-bumbu tersebut hingga harum dan berubah warna sedikit kecokelatan. Kemudian, masukkan daging kambing yang sudah dipotong-potong dan aduk-aduk hingga daging berubah warna.

Selanjutnya, tambahkan bumbu kari yang sudah disiapkan sebelumnya. Aduk rata hingga bumbu meresap ke dalam daging kambing. Tambahkan santan kelapa dan aduk kembali. Biarkan kari mendidih dengan api kecil hingga daging kambing menjadi empuk dan bumbu meresap sempurna.

Selama proses memasak, jangan lupa untuk mencicipi kari sesekali dan sesuaikan dengan selera. Jika perlu, tambahkan garam dan gula pasir secukupnya untuk mendapatkan rasa yang pas. Ingat, setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda, jadi jangan ragu untuk menyesuaikan rasa kari kambing sesuai dengan kesukaan pribadi.

Setelah daging kambing benar-benar empuk dan bumbu meresap sempurna, matikan api dan hidangkan kari kambing dengan nasi putih hangat. Jangan lupa untuk menyertakan potongan cabai rawit sebagai pelengkap, untuk memberikan sensasi pedas yang lebih. Anda juga bisa menambahkan potongan daun seledri atau daun bawang sebagai hiasan jika diinginkan.

Tidak sulit bukan? Dengan resep yang sederhana ini, kalian juga bisa menikmati hidangan kari kambing yang lezat di rumah. Cukup sediakan semua bahan-bahan yang diperlukan, dan ikuti langkah-langkahnya dengan teliti. Dijamin, kari kambing buatan sendiri akan menjadi hidangan yang tak kalah enak dengan yang dijual di restoran.

Selain memiliki rasa yang lezat, kari kambing juga memiliki manfaat kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Daging kambing mengandung banyak zat besi dan protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, rempah-rempah yang digunakan dalam bumbu kari juga memiliki khasiatnya masing-masing, seperti membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki pencernaan.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba resep masak kari kambing ini di rumah. Rasakan sensasi pedas dan gurihnya kari kambing yang lezat ini bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Selamat mencoba, Sobat Info Negeri!

By Saputra