masak ikan patin bumbu kuning

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep masakan yang enak dan lezat, yaitu “masak ikan patin bumbu kuning”. Siapa yang tidak suka ikan patin? Ikan ini memiliki daging yang lembut dan rasanya sangat lezat. Nah, yuk kita simak cara memasak ikan patin bumbu kuning yang bisa membuat lidah kita bergoyang!

Ikan patin bumbu kuning merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat populer. Bumbu kuning yang melimpah membuat cita rasa ikan patin semakin nikmat. Tentu saja, resep ini bisa kamu coba di rumah dengan mudah. Yuk, simak bahan-bahan dan cara memasaknya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan:1. 1 ekor ikan patin segar, bersihkan dan potong menjadi beberapa bagian2. 2 batang serai, memarkan3. 5 lembar daun jeruk, sobek-sobek4. 4 lembar daun salam5. 3 cm lengkuas, memarkan6. 3 buah cabai merah, iris tipis7. 3 buah cabai hijau, iris tipis8. 2 sendok makan air asam jawa9. 1 sendok makan air jeruk nipis10. 1 sendok teh garam11. 1 sendok teh gula pasir12. Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Bumbu halus yang perlu disiapkan:1. 5 butir bawang merah2. 3 siung bawang putih3. 4 butir kemiri4. 2 buah cabai merah besar5. 1 sendok teh kunyit bubuk6. 1 sendok teh ketumbar bubuk7. 1/2 sendok teh jintan bubuk

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa memulai proses memasak ikan patin bumbu kuning yang lezat ini. Pertama-tama, haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai merah besar, kunyit bubuk, ketumbar bubuk, dan jintan bubuk. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng hingga harum dan matang.

Setelah bumbu halus matang, tambahkan serai, daun jeruk, daun salam, lengkuas, cabai merah, dan cabai hijau. Aduk rata dan masak dengan api sedang hingga bumbu terasa matang dan harum. Jika ingin rasa pedas yang lebih, kamu bisa menambahkan cabai merah atau hijau sesuai selera.

Selanjutnya, tambahkan ikan patin yang sudah dipotong-potong ke dalam bumbu kuning. Aduk rata agar bumbu meresap ke dalam daging ikan. Tutup wajan dan biarkan ikan matang selama beberapa menit. Jangan lupa sesekali membalik ikan agar matang merata.

Setelah ikan matang, tambahkan air asam jawa dan air jeruk nipis ke dalam wajan. Aduk perlahan agar bumbu meresap dan rasa ikan patin semakin segar. Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya sesuai dengan selera. Aduk rata dan biarkan ikan patin bumbu kuning ini mendidih sebentar.

Setelah mendidih, angkat ikan patin bumbu kuning dari wajan dan siap disajikan. Kamu bisa menyajikannya dengan nasi hangat dan beberapa irisan tomat serta mentimun segar. Rasanya yang gurih, asam, dan pedas akan membuat makan siang atau malammu semakin spesial.

Tentu saja, ikan patin bumbu kuning ini sangat cocok untuk disantap bersama keluarga tercinta. Jika kamu ingin menyajikannya saat acara tertentu, hidangan ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Jangan lupa untuk menyiapkan minuman segar agar hidangan semakin lengkap dan enak.

Nah, itulah resep masakan “masak ikan patin bumbu kuning” yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk berbagi bersama keluarga atau teman-teman terdekat ya. Selamat menikmati hidangan lezat ini, Sobat Info Negeri!