• Sun. Jul 14th, 2024

masak ikan gabus

BySaputra

Nov 20, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian semua? Semoga semuanya dalam keadaan baik-baik saja dan tetap semangat menjalani hari. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep masak ikan gabus yang lezat dan menggugah selera. Ikan gabus memang menjadi salah satu pilihan yang populer di dunia kuliner, karena rasanya yang enak dan dagingnya yang mudah diolah. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Masak ikan gabus memang sangat mudah dilakukan dan bisa dijadikan pilihan menu untuk makan siang atau makan malam. Selain itu, ikan gabus juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Ikan gabus mengandung protein yang tinggi serta zat-zat gizi penting seperti omega-3, vitamin D, dan selenium. Omega-3 sendiri sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Salah satu resep sederhana yang bisa kamu coba adalah “Ikan Gabus Bumbu Kuning”. Bumbu kuning pada masakan ikan gabus ini memberikan rasa yang lezat dan memiliki aroma yang menggugah selera. Berikut adalah bahan-bahan dan langkah-langkah dalam memasak ikan gabus bumbu kuning:

Bahan-bahan:1. 500 gram ikan gabus, bersihkan dan potong-potong sesuai selera2. 2 sendok makan air jeruk nipis3. 3 siung bawang putih, haluskan4. 3 butir bawang merah, haluskan5. 2 cm kunyit, haluskan6. 3 cm jahe, haluskan7. 2 lembar daun salam8. 2 batang serai, memarkan9. 3 buah cabai merah, iris tipis10. 2 buah cabai hijau, iris tipis11. 1 sendok teh garam12. 1/2 sendok teh merica bubuk13. 400 ml air kelapa

Langkah-langkah:1. Pertama, lumuri ikan gabus dengan air jeruk nipis dan biarkan selama 15 menit agar amisnya hilang.2. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih, bawang merah, kunyit, dan jahe hingga harum.3. Masukkan daun salam, serai, cabai merah, dan cabai hijau. Aduk rata.4. Tambahkan ikan gabus yang sudah diberi air jeruk nipis. Aduk perlahan hingga ikan berubah warna.5. Tuangkan air kelapa, garam, dan merica bubuk. Aduk rata dan masak hingga ikan matang dan bumbu meresap.6. Angkat ikan gabus bumbu kuning dan sajikan dalam piring saji.

Nah, ikan gabus bumbu kuning siap disajikan! Kamu bisa menikmati hidangan ini dengan nasi putih hangat dan sambal sebagai pelengkap. Rasanya yang gurih, pedas, dan sedikit asam akan membuat makan siang atau makan malammu semakin lezat.

Tidak hanya resep ikan gabus bumbu kuning, masih banyak variasi resep masakan ikan gabus yang bisa kamu coba. Misalnya, ikan gabus goreng tepung, ikan gabus bakar, atau ikan gabus asam manis. Kamu bisa mengkreasikan masakan ini sesuai dengan selera dan keinginanmu.

Selain enak dan mudah diolah, ikan gabus juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Ikan gabus mengandung protein tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan. Selain itu, ikan gabus juga kaya akan kandungan omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan fungsi otak.

Dalam memilih ikan gabus, sebaiknya pilih ikan yang masih segar dan memiliki daging yang kenyal. Hindari ikan gabus yang berbau amis atau memiliki tanda-tanda tidak segar. Untuk memperoleh rasa yang lebih enak, kamu juga bisa menambahkan beberapa bumbu dan rempah-rempah sesuai dengan selera.

Nah, Sobat Info Negeri, itu dia resep masak ikan gabus yang bisa kamu coba di rumah. Selain rasanya yang enak, ikan gabus juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jadi, jangan ragu untuk mencoba memasak ikan gabus sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra