• Thu. Jul 18th, 2024

masak ikan asam manis

BySaputra

Oct 12, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Kali ini, kita akan membahas sebuah resep masakan yang pastinya akan membuat lidah kalian bergoyang. Siapa yang suka masak ikan? Nah, kali ini kita akan membahas resep yang simpel namun lezat, yaitu “masak ikan asam manis”. Siap-siap ya, kita akan memasuki dunia masakan yang menggugah selera ini!

Ikan asam manis merupakan salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang asam dan manis yang pas, membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang. Cara memasaknya juga cukup sederhana, sehingga bisa dipraktikkan oleh siapa saja, termasuk para pemula di dapur.

Untuk membuat masakan ikan asam manis, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Nah, berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan:

1. Ikan segar (dapat menggunakan ikan laut seperti kakap, kerapu, atau ikan air tawar seperti nila)2. Bumbu halus (bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit)3. Bumbu penyedap rasa4. Gula pasir5. Garam6. Saus tomat7. Saus cabai8. Air asam jawa9. Merica bubuk10. Daun bawang

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa mulai memasak. Pertama-tama, cuci bersih ikan dan lumuri dengan perasan air jeruk nipis. Diamkan sejenak agar bau amis pada ikan hilang. Kemudian, lumuri ikan dengan bumbu halus, bumbu penyedap rasa, gula pasir, dan garam. Diamkan selama beberapa menit agar bumbu meresap.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak di dalam wajan. Masukkan ikan yang telah dibumbui dan goreng hingga matang. Pastikan kedua sisi ikan terasa renyah dan kecokelatan. Setelah itu, angkat ikan dan tiriskan.

Sambil menunggu ikan yang digoreng, mari kita siapkan bumbu asam manis yang lezat. Panaskan wajan dengan sedikit minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Setelah itu, tambahkan saus tomat, saus cabai, dan air asam jawa. Aduk rata dan masak hingga mendidih. Setelah itu, tambahkan gula pasir, garam, dan merica bubuk sesuai dengan selera. Aduk rata hingga semua bumbu tercampur sempurna.

Kemudian, masukkan ikan yang telah digoreng ke dalam bumbu asam manis yang sudah matang. Aduk perlahan agar ikan terbalut dengan bumbu tersebut. Masak sebentar hingga bumbu meresap ke dalam ikan. Jangan terlalu lama memasaknya agar ikan tetap lezat dan tidak keras.

Terakhir, taburkan daun bawang yang telah dicincang di atas hidangan ikan asam manis agar terasa lebih segar. Ikan asam manis siap disajikan! Nikmati hidangan ini selagi masih hangat, bisa disantap bersama nasi putih hangat atau lontong.

Ikan asam manis merupakan hidangan yang begitu lezat dan menggugah selera. Kombinasi rasa asam, manis, dan pedas yang terasa pada ikan ini membuatnya menjadi hidangan yang sempurna untuk dinikmati bersama keluarga ataupun teman-teman terdekat. Hidangan ini juga cocok untuk berbagai acara, mulai dari makan malam keluarga hingga pesta dengan rekan kerja.

Selain rasanya yang lezat, ikan asam manis juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Ikan yang digunakan sebagai bahan utama hidangan ini mengandung banyak protein dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi hidangan ini secara teratur, Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Itulah resep sederhana dan lezat untuk masak ikan asam manis. Cukup mudah, bukan? Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba membuat hidangan ini di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa, sajikan hidangan ini dengan senyum dan cinta, karena makanan yang disajikan dengan hati pasti terasa lebih lezat. Selamat menikmati masakan ikan asam manis yang enak dan bergizi!

By Saputra