• Thu. Jul 18th, 2024

masak ayam kampung

BySaputra

Aug 23, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia, yaitu “masak ayam kampung”. Siapa yang tidak suka dengan ayam kampung? Sajian yang menggugah selera dan kaya akan cita rasa ini menjadi favorit banyak orang. Yuk, simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui lebih banyak tentang bagaimana cara memasak ayam kampung yang lezat!

Ayam kampung adalah jenis ayam yang dibiakkan secara tradisional, bebas berkeliaran dan hidup di alam liar. Perbedaan terbesar antara ayam kampung dengan ayam ras adalah ayam kampung memiliki tekstur daging yang lebih kenyal dan kaya akan cita rasa. Selain itu, ayam kampung juga memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit daripada ayam ras.

Ada banyak resep yang bisa digunakan untuk memasak ayam kampung. Salah satu resep yang sederhana dan mudah adalah “Ayam Kampung Goreng Sambal Ijo”. Untuk membuat hidangan ini, kalian perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

1. Ayam kampung (potong sesuai selera)2. Bawang putih (haluskan)3. Bawang merah (haluskan)4. Cabai hijau besar (haluskan)5. Daun jeruk purut6. Garam dan merica secukupnya7. Minyak goreng secukupnya

Langkah pertama dalam membuat Ayam Kampung Goreng Sambal Ijo adalah dengan membersihkan ayam kampung terlebih dahulu. Kalian bisa mencucinya dengan air bersih dan menggunakan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis yang mungkin ada. Setelah itu, lumuri ayam dengan garam dan merica secukupnya, lalu diamkan selama 15-30 menit agar bumbu meresap.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai hijau yang telah dihaluskan. Tambahkan daun jeruk purut untuk memberikan aroma segar pada masakan. Setelah bumbu matang, masukkan ayam kampung yang telah dimarinasi tadi ke dalam wajan. Goreng ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan. Jangan lupa untuk sesekali membalik ayam agar matang merata.

Setelah ayam matang, angkat dan tiriskan. Ayam kampung goreng sambal ijo siap disajikan! Hidangan ini cocok disantap bersama nasi hangat dan lalap segar. Rasakan kenikmatan ayam kampung yang kenyal dan cita rasa sambal ijo yang pedas dan segar di lidah kalian.

Tidak hanya digoreng, ayam kampung juga bisa diolah menjadi berbagai sajian lezat lainnya seperti ayam bakar, ayam goreng mentega, atau sup ayam kampung. Kalian bisa menggali lebih dalam lagi mengenai resep-resep tersebut di situs kuliner terpercaya untuk menemukan variasi masakan ayam kampung yang sesuai dengan selera kalian.

Selain cita rasa yang lezat, memasak ayam kampung juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Ayam kampung diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi dan lemak jenuh yang lebih sehat daripada ayam ras. Kandungan nutrisi yang lebih baik ini membuat ayam kampung menjadi pilihan yang baik untuk dikonsumsi secara teratur dalam pola makan sehat.

Dengan begitu banyak manfaat yang ditawarkan, tidak heran jika ayam kampung menjadi hidangan favorit banyak orang. Jadi, jangan ragu untuk mencoba memasak ayam kampung di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga tercinta.

Sekian artikel kali ini tentang “masak ayam kampung”. Semoga informasi yang telah saya berikan dapat bermanfaat bagi kalian semua. Selamat mencoba resep Ayam Kampung Goreng Sambal Ijo dan jangan lupa untuk berbagi pengalaman kalian dalam memasak ayam kampung di kolom komentar. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

By Saputra