• Sun. Jul 14th, 2024

masak asam pedas ikan kembung

BySaputra

Dec 22, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Hari ini, kita akan membahas tentang resep masakan yang populer dan lezat, yaitu masak asam pedas ikan kembung. Siapa yang tidak suka dengan hidangan yang segar, pedas, dan gurih ini? Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai memasak!

Masakan asam pedas ikan kembung adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang khas dan menggugah selera. Hidangan ini biasanya terdiri dari ikan kembung segar yang dimasak dengan bumbu asam pedas yang pedas dan segar. Bumbu asam pedas tersebut terbuat dari campuran cabai merah, tomat, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, serai, belimbing wuluh, gula, garam, dan air asam jawa.

Langkah pertama dalam memasak asam pedas ikan kembung adalah mempersiapkan semua bahan-bahannya. Pastikan ikan kembung yang digunakan segar dan berkualitas. Setelah itu, bersihkan ikan dengan air bersih dan beri sedikit garam untuk menghilangkan bau amisnya. Kemudian, potong ikan menjadi beberapa bagian sesuai selera.

Setelah persiapan ikan selesai, saatnya membuat bumbu asam pedas. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Setelah itu, tambahkan cabai merah yang telah dihaluskan dan aduk rata. Masukkan juga daun jeruk, serai, dan belimbing wuluh yang sudah dipotong-potong. Tambahkan air asam jawa, gula, dan garam secukupnya. Aduk semua bumbu tersebut hingga tercampur rata dan bumbu terasa meresap.

Setelah bumbu matang, masukkan potongan ikan kembung ke dalam wajan. Pastikan ikan terendam sepenuhnya oleh bumbu. Tutup wajan dan biarkan ikan matang dalam bumbu selama beberapa menit. Jangan lupa untuk sesekali membalik ikan agar matang merata dan bumbu meresap dengan sempurna.

Setelah beberapa menit, hidangan asam pedas ikan kembung pun siap disajikan. Pindahkan ikan beserta bumbu ke dalam sebuah mangkuk atau piring saji. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal terasi sebagai pelengkapnya. Anda juga bisa menambahkan irisan tomat, daun bawang, atau kemangi segar untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih segar.

Asam pedas ikan kembung memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Rasa pedas dan asam dari bumbu asam pedasnya sangat cocok dengan daging ikan yang lembut dan gurih. Hidangan ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk hidangan sehari-hari atau untuk acara spesial bersama keluarga dan teman-teman.

Selain rasanya yang lezat, asam pedas ikan kembung juga memiliki manfaat kesehatan. Ikan kembung sendiri merupakan sumber protein yang baik dan kaya akan nutrisi penting seperti asam lemak omega-3, vitamin D, dan kalsium. Omega-3 adalah nutrisi yang penting untuk kesehatan otak dan jantung, sedangkan vitamin D dan kalsium baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Tidak hanya itu, hidangan ini juga bisa meningkatkan nafsu makan dan membantu pencernaan. Rasa pedas dan asam pada bumbu asam pedas dapat merangsang nafsu makan dan membantu melancarkan sistem pencernaan. Jadi, jika Anda sedang tidak memiliki nafsu makan atau mengalami masalah pencernaan, hidangan ini bisa menjadi solusi yang baik.

Demikianlah artikel tentang masak asam pedas ikan kembung ini, Sobat Info Negeri. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin mencoba memasak hidangan yang lezat dan sehat. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini kepada teman-teman dan keluarga agar mereka juga bisa menikmati hidangan asam pedas ikan kembung yang lezat ini. Selamat mencoba memasak!

By Saputra