• Thu. Jul 18th, 2024

masak asam ikan

BySaputra

Jan 31, 2024

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia. Kali ini, kita akan membahas tentang resep masakan yang pasti bisa memanjakan lidah kalian, yaitu “masak asam ikan”. Siapa yang tidak suka dengan masakan yang segar dan asam? Nah, bagi kalian yang ingin mencoba masak asam ikan di rumah, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Masak asam ikan merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang banyak diminati. Rasa asam yang segar dan gurih dari ikan yang digunakan membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang. Selain itu, proses memasaknya yang relatif mudah membuat masakan ini cocok untuk kalian yang ingin mencoba memasak hidangan yang lezat namun praktis.

Untuk membuat masak asam ikan, bahan utama yang dibutuhkan adalah ikan segar. Pilihlah jenis ikan yang memiliki daging yang kenyal dan tidak berbau amis. Beberapa jenis ikan yang sering digunakan dalam masak asam ikan adalah ikan tenggiri, ikan kakap, atau ikan mas. Namun, kalian juga bisa menggunakan jenis ikan lain sesuai dengan selera.

Selain ikan, bahan-bahan lain yang dibutuhkan antara lain adalah bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabai rawit, serai, daun salam, daun jeruk, air asam jawa, gula merah, garam, dan penyedap rasa. Jika kalian suka dengan rasa pedas, kalian bisa menambahkan cabe rawit sesuai dengan selera.

Pertama-tama, siapkan ikan yang telah dibersihkan dan potong-potong sesuai dengan selera. Setelah itu, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit menggunakan blender atau ulekan. Tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan sedikit minyak sayur hingga harum.

Setelah itu, tambahkan serai, daun salam, dan daun jeruk ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata agar aroma dari rempah-rempah tercampur sempurna. Kemudian, masukkan ikan yang telah dipotong ke dalam wajan. Tambahkan air asam jawa dan air secukupnya agar ikan terendam.

Tambahkan pula gula merah, garam, dan penyedap rasa secukupnya untuk memberikan rasa yang nikmat pada masak asam ikan ini. Aduk semua bahan dengan lembut dan biarkan masak dengan api sedang hingga ikan matang sempurna dan kuah mengental. Jika kalian ingin hidangan ini lebih pedas, kalian bisa menambahkan cabe rawit sesuai dengan selera.

Setelah ikan matang, hidangan masak asam ikan siap disajikan. Hidangkan masakan ini dalam keadaan hangat untuk mendapatkan sensasi yang maksimal. Kalian bisa menambahkan irisan daun bawang dan seledri sebagai garnish untuk memberikan tampilan yang lebih menarik.

Masak asam ikan ini cocok disajikan dengan nasi putih hangat. Rasanya yang segar dan gurih akan semakin terasa saat disantap bersama dengan nasi. Selain itu, kalian juga bisa menikmatinya dengan lalapan segar seperti mentimun atau kangkung rebus.

Tidak hanya lezat, masak asam ikan juga mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Ikan mengandung protein tinggi, omega 3, dan berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Rasa asam dari air asam jawa juga memiliki manfaat seperti meningkatkan nafsu makan dan membantu melancarkan pencernaan.

Nah, itulah tadi resep dan cara membuat masak asam ikan yang mudah dan praktis. Kalian bisa mencobanya di rumah dan mengajak keluarga untuk menikmati hidangan ini bersama. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk terus mengikuti website ini untuk mendapatkan informasi menarik seputar kuliner dan resep masakan lainnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, Sobat Info Negeri!

By Saputra