Kue Satu Kacang Hijau: Lezatnya dari Hati

Mengenal Kue Satu Kacang Hijau

Hello, teman-teman pecinta kuliner! Saya yakin kalian semua sudah pernah mendengar atau bahkan mencicipi kue satu kacang hijau. Kue tradisional ini memang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Dari namanya saja, sudah bisa ditebak bahwa kue ini terbuat dari kacang hijau. Namun, ada yang unik dari kue satu kacang hijau ini. Seperti apa ya?

Kue satu kacang hijau merupakan salah satu jenis kue tradisional yang cukup populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa. Kue ini biasanya berbentuk bulat dan memiliki isi kacang hijau yang manis dan lezat. Bagian luar dari kue ini terbuat dari tepung ketan atau tepung beras ketan yang dilapisi dengan parutan kelapa.

Kue satu kacang hijau ini biasanya disajikan pada acara pernikahan, khitanan, hingga hari raya. Dari segi rasa, kue ini memiliki cita rasa yang khas dan unik. Manisnya isi kacang hijau, dipadukan dengan kelapa parut yang gurih, dan tekstur kue yang kenyal dan lembut membuat kue satu kacang hijau menjadi pilihan yang tepat untuk mengakhiri santapan.

Cara Membuat Kue Satu Kacang Hijau

Ternyata, membuat kue satu kacang hijau tidaklah sulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup sederhana dan mudah didapat di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Berikut ini adalah resep sederhana untuk membuat kue satu kacang hijau.

Bahan Jumlah
Tepung ketan 250 gram
Gula merah 150 gram
Kacang hijau 200 gram
Kelapa parut 100 gram
Garam secukupnya
Air secukupnya

1. Rendam kacang hijau semalam hingga empuk dan berkulit.

2. Rebus kacang hijau hingga matang, lalu haluskan.

3. Campurkan kacang hijau yang sudah halus dengan gula merah, aduk hingga rata.

4. Tambahkan garam secukupnya pada adonan kacang hijau, aduk hingga rata.

5. Ambil adonan kacang hijau, bentuk bulat dan pipihkan.

6. Campurkan tepung ketan dengan air secukupnya hingga membentuk adonan yang kenyal.

7. Ambil adonan tepung ketan, pipihkan, lalu taruh adonan kacang hijau di tengahnya.

8. Bulatkan adonan, lalu balut dengan parutan kelapa yang sudah diberi sedikit garam.

9. Kukus kue satu kacang hijau selama 20-30 menit hingga matang.

Keunikan Kue Satu Kacang Hijau

Ada yang menarik dari kue satu kacang hijau yang tidak dimiliki oleh kue tradisional lainnya. Yaitu, bentuknya yang bulat dan pipih. Dengan bentuk seperti itu, kue satu kacang hijau cenderung lebih mudah untuk disantap dan tidak terlalu mengenyangkan di perut. Selain itu, kue satu kacang hijau juga dapat bertahan cukup lama, asalkan disimpan di tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Tak hanya itu, kue satu kacang hijau juga sangat cocok untuk disajikan bersama teh atau kopi. Rasanya yang manis dan lezat dapat menambah kenikmatan dalam menikmati minuman yang disajikan.

Kesimpulan

Kue satu kacang hijau memang menjadi salah satu kue tradisional yang populer di Indonesia. Dengan isian kacang hijau yang manis dan lezat, serta balutan tepung ketan yang kenyal dan lembut, kue satu kacang hijau akan menjadi pilihan yang tepat untuk mengakhiri santapan. Meskipun resep membuatnya terbilang sederhana, namun cita rasa kue satu kacang hijau yang khas dan unik akan membuat siapa saja ketagihan untuk mencicipinya.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba membuat kue satu kacang hijau sendiri di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga dan teman-teman. Selamat mencoba!