• Wed. Jul 17th, 2024

kue mutiara

BySaputra

Sep 21, 2023

Hello teman-teman pembaca setia blog ini, kali ini saya ingin membahas tentang salah satu jenis kue yang sedang hits belakangan ini yaitu kue mutiara. Kue ini sangat diminati oleh banyak orang karena rasanya yang enak dan unik. Yuk, kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Asal Usul Kue Mutiara

Kue mutiara awalnya berasal dari Taiwan dan dikenal dengan nama Q balls atau tapioca pearls. Kue ini pada awalnya digunakan sebagai bahan tambahan dalam minuman bubble tea. Namun, karena kepopulerannya yang semakin meningkat, kue mutiara pun mulai diolah menjadi camilan yang bisa dinikmati kapan saja.

Bahan dasar Kue Mutiara

Bahan dasar untuk membuat kue mutiara adalah tepung tapioka yang dicampur dengan pewarna dan air. Tepung tapioka sendiri merupakan tepung yang terbuat dari singkong. Selain itu, ada juga kue mutiara yang menggunakan susu sebagai bahan pengganti air, sehingga membuat kue mutiara terasa lebih lembut dan creamy.

Cara Membuat Kue Mutiara

Untuk membuat kue mutiara, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain: tepung tapioka, air atau susu, dan pewarna makanan. Campurkan semua bahan hingga adonan tercampur rata dan elastis. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan rebus dalam air mendidih hingga matang. Sajikan kue mutiara dengan sirup atau saus kesukaan Anda.

Varian Rasa Kue Mutiara

Kue mutiara tersedia dalam berbagai macam varian rasa sesuai dengan selera dan juga kebiasaan masyarakat setempat. Beberapa varian rasa yang paling populer adalah matcha, cokelat, stroberi, keju, dan green tea. Selain itu, ada juga varian rasa yang lebih eksotis seperti taro, pandan, dan durian.

Kombinasi Kue Mutiara dengan Minuman

Sebenarnya, kue mutiara pada awalnya digunakan sebagai bahan tambahan dalam minuman bubble tea. Oleh karena itu, kue mutiara sangat cocok dicampur dengan berbagai macam minuman seperti teh, kopi, jus buah, atau bahkan minuman alkohol. Beberapa varian minuman yang cocok dicampur dengan kue mutiara antara lain bubble tea, boba milk tea, dan juga thai tea.

Tempat Membeli Kue Mutiara

Saat ini, kue mutiara sudah mulai banyak dijual di berbagai macam tempat seperti toko kue, pasar swalayan, hingga di gerai-gerai bubble tea. Selain itu, Anda juga bisa membeli kue mutiara secara online melalui berbagai platform marketplace.

Kue Mutiara dalam Bentuk Es Krim

Selain dalam bentuk kue, kue mutiara juga bisa diolah menjadi es krim. Caranya adalah dengan mencampurkan kue mutiara dengan es krim vanilla dan tambahkan topping sesuai dengan selera Anda. Es krim kue mutiara ini sangat cocok untuk dinikmati pada hari yang panas.

Resep Kue Mutiara untuk Dicoba di Rumah

Berikut ini adalah resep kue mutiara yang bisa Anda coba di rumah:Bahan-bahan:- 200 gram tepung tapioka- 100 ml air atau susu- Pewarna makananCara membuat:1. Campurkan tepung tapioka dan air/susu hingga tercampur rata dan elastis.2. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan varian rasa yang diinginkan.3. Tambahkan pewarna makanan pada masing-masing bagian adonan.4. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil.5. Rebus adonan dalam air mendidih hingga matang.6. Sajikan kue mutiara dengan sirup atau saus kesukaan Anda.

Kesimpulan

Kue mutiara memang menjadi salah satu jenis kue yang banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang enak dan unik. Kue ini tersedia dalam berbagai macam varian rasa dan bisa dinikmati kapan saja, baik sebagai camilan atau sebagai tambahan dalam minuman. Jadi, tunggu apalagi? Segera coba resep kue mutiara di rumah dan nikmati kelezatannya!

No Varian Rasa Toko Online
1 Matcha Shopee
2 Cokelat Tokopedia
3 Stroberi Bukalapak

By Saputra