• Sun. Jul 14th, 2024

Kue Melinjo: Hidangan Khas Jawa Tengah yang Lezat dan Bergizi

BySaputra

Oct 13, 2023

Hello teman-teman, pada artikel kali ini, saya ingin membahas tentang kue melinjo yang menjadi salah satu hidangan khas dari daerah Jawa Tengah. Kue melinjo memiliki cita rasa yang unik dan kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Yuk, mari kita simak pembahasannya lebih lanjut!

Apa Itu Kue Melinjo?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang kue melinjo, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu melinjo. Melinjo adalah sejenis pohon yang tumbuh di daerah tropis seperti Asia Tenggara dan Australia. Buah melinjo yang berbentuk bulat kecil berwarna cokelat memiliki biji yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, salah satunya adalah kue melinjo.Kue melinjo merupakan kue tradisional dari daerah Jawa Tengah yang terbuat dari tepung biji melinjo, gula, dan santan. Selain itu, kue melinjo juga bisa diberi tambahan bahan lain seperti kelapa parut, kacang tanah, atau wijen. Proses pembuatannya yang cukup mudah membuat kue melinjo menjadi salah satu hidangan yang populer di kalangan masyarakat.

Cita Rasa Kue Melinjo

Kue melinjo memiliki cita rasa yang unik, yaitu gurih dan manis. Teksturnya yang lembut dan kenyal membuat kue ini sangat nikmat untuk dinikmati ketika masih hangat. Kue melinjo juga memiliki aroma yang khas dan sangat menggugah selera. Tak heran jika kue melinjo sering dijadikan sebagai camilan atau hidangan penutup saat acara keluarga atau perayaan.

Manfaat Kue Melinjo bagi Kesehatan

Selain rasanya yang lezat, kue melinjo juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Biji melinjo yang menjadi bahan dasar kue melinjo mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, vitamin B, dan mineral seperti kalsium dan zat besi. Selain itu, kandungan antioksidan pada biji melinjo juga dapat membantu mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Nutrisi Jumlah dalam 100 gram
Kalori 353 kkal
Protein 5,95 gram
Lemak 0,61 gram
Karbohidrat 82,8 gram
Serat 15,4 gram
Kalsium 236 mg
Zat Besi 7,98 mg
Vitamin B1 (Tiamin) 0,3 mg

Cara Membuat Kue Melinjo yang Lezat

Berikut adalah resep sederhana untuk membuat kue melinjo yang lezat:Bahan-bahan:- 200 gram tepung melinjo- 150 gram gula pasir- 200 ml santan kental- 1/2 sendok teh garam- Minyak goreng secukupnyaCara membuat:1. Campur tepung melinjo, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah.2. Tambahkan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan kental.3. Panaskan minyak goreng dalam wajan di atas api sedang.4. Ambil satu sendok makan adonan kue dan bentuk bulat-bulat.5. Goreng kue melinjo dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga matang dan berwarna kecokelatan.6. Angkat kue melinjo dan tiriskan.Kue melinjo siap disajikan! Untuk variasi, Anda bisa menambahkan bahan lain seperti kelapa parut atau kacang tanah sesuai selera.

Kesimpulan

Kue melinjo merupakan hidangan khas dari daerah Jawa Tengah yang memiliki rasa yang lezat dan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Biji melinjo yang menjadi bahan dasar kue melinjo mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, vitamin B, dan mineral seperti kalsium dan zat besi. Dengan resep yang sederhana, Anda pun bisa membuat kue melinjo yang lezat dan nikmat untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman. Selamat mencoba!

By Saputra