• Sun. Jul 14th, 2024

Kue Lupis Ketan: Kue Tradisional Nikmat yang Tak Boleh Dilewatkan

BySaputra

Sep 19, 2023

Hello, teman-teman! Kue lupis ketan pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kue tradisional yang satu ini memang nikmat banget dan cocok untuk disantap kapan saja. Mari kita bahas lebih dalam mengenai kue lupis ketan ini.

Asal Usul Kue Lupis Ketan

Kue lupis ketan memang menjadi salah satu kue tradisional yang cukup populer di Indonesia. Asal usul kue ini sendiri tidak diketahui secara pasti, namun konon katanya kue lupis ketan berasal dari Jawa Tengah.

Kue ini terbuat dari ketan yang dibentuk menjadi bulatan kecil-kecil dan dibungkus dengan daun pisang. Kue lupis ketan ini juga biasanya disajikan dengan serutan kelapa dan gula merah cair di atasnya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Kue Lupis Ketan

Untuk membuat kue lupis ketan ini, kita memerlukan beberapa bahan antara lain:

Bahan Jumlah
Ketan putih 500 gram
Garam 1/2 sendok teh
Gula pasir 100 gram
Santan kental 500 ml
Daun pisang Sesuai kebutuhan
Kelapa parut kasar 200 gram
Gula merah 100 gram
Air 300 ml

Cara Membuat Kue Lupis Ketan

Nah, untuk membuat kue lupis ketan ini, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Cuci bersih ketan putih, tiriskan, dan rendam selama beberapa jam.
  2. Tambahkan garam dan gula pasir ke dalam ketan putih yang sudah direndam, aduk rata.
  3. Masak santan kental hingga mendidih, kemudian tuangkan ke dalam ketan putih yang sudah dicampur garam dan gula pasir tadi.
  4. Aduk rata dan kukus ketan selama kurang lebih 30 menit hingga matang.
  5. Potong-potong ketan yang sudah matang tadi.
  6. Panaskan kelapa parut kasar hingga harum.
  7. Pecahkan gula merah dan campurkan dengan air, masak hingga gula merah larut.
  8. Bungkus potongan ketan dengan daun pisang dan kukus selama kurang lebih 10 menit.
  9. Setelah itu, keluarkan dari kukusan dan siram dengan gula merah cair dan taburi dengan kelapa parut kasar yang sudah dipanaskan.
  10. Kue lupis ketan siap disajikan dan dinikmati!

Kue Lupis Ketan Variasi Lain

Ada beberapa variasi dari kue lupis ketan yang bisa kamu coba. Misalnya saja, kamu bisa menambahkan isian kacang hijau atau cokelat ke dalam ketan sebelum dikukus. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan warna pada ketan dengan menggunakan pewarna makanan.

Kue Lupis Ketan sebagai Cemilan

Kue lupis ketan memang cocok banget dijadikan sebagai cemilan. Kamu bisa menikmati kue lupis ketan ini kapan saja, baik saat santai di rumah atau saat beraktivitas di luar rumah. Selain itu, kue lupis ketan ini juga cocok dijadikan menu sarapan atau camilan saat berkumpul bersama keluarga.

Kelezatan Kue Lupis Ketan

Kue lupis ketan memang sangat nikmat dan lezat. Ketan yang kenyal dan gurih, kelapa parut yang harum dan gurih, serta gula merah yang manis dan kental, semuanya menjadi satu dan menciptakan sensasi rasa yang sangat khas.

Bahkan kue lupis ketan ini menjadi salah satu kue tradisional yang sangat disukai oleh banyak orang. Selain itu, kue lupis ketan ini juga cocok dijadikan oleh-oleh untuk kerabat atau teman-teman.

Kesimpulan

Demikianlah artikel mengenai kue lupis ketan ini. Kue tradisional yang satu ini memang nikmat banget dan cocok untuk disantap kapan saja. Yuk, cobain bikin sendiri di rumah!

By Saputra