• Thu. Jul 18th, 2024

Kue Lapis Coklat: Menggoda Lidah dengan Enaknya

BySaputra

Oct 13, 2023

Hello teman-teman, kali ini saya ingin membahas tentang kue lapis coklat, salah satu kue yang sangat populer di Indonesia. Siapa yang tidak suka dengan kue lapis? Apalagi jika kue lapis tersebut berwarna coklat dan terlihat begitu menggoda. Nah, dalam artikel ini, saya akan membahas segala hal tentang kue lapis coklat yang tentunya akan membuat lidah Anda bergoyang.

Asal Usul Kue Lapis Coklat

Sebelum membahas tentang resep dan cara membuat kue lapis coklat, mari kita bahas dulu tentang asal usul kue lapis itu sendiri. Kue lapis merupakan kue tradisional Indonesia yang populer di berbagai daerah di Indonesia. Namun, kue lapis coklat sendiri merupakan varian baru dari kue lapis yang mulai populer beberapa tahun belakangan ini. Terinspirasi dari kue lapis biasa, kue lapis coklat ini kemudian dikembangkan dan saran rasa coklat yang membuatnya semakin nikmat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat kue lapis coklat, tentunya kita membutuhkan beberapa bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa bahan yang harus disiapkan:

1. Tepung terigu 500 gram
2. Gula pasir 500 gram
3. Santan 1000 ml
4. Telur 12 butir
5. Coklat bubuk 5 sendok makan
6. Garam 1 sendok teh
7. Pasta vanili 1 sendok teh
8. Pewarna makanan secukupnya

Cara Membuat Kue Lapis Coklat yang Enak

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, selanjutnya adalah membuat kue lapis coklat yang enak. Berikut adalah langkah-langkah cara membuatnya:

1. Pertama-tama, siapkan loyang kue ukuran 20×20 cm dan olesi dengan margarin secara merata.

2. Campurkan tepung terigu dan coklat bubuk ke dalam wadah dan aduk hingga rata. Sisihkan terlebih dahulu.

3. Ayak gula pasir dan gabungkan dengan santan, garam, dan pasta vanili. Aduk hingga rata.

4. Masukkan telur satu per satu sambil terus diaduk hingga rata.

5. Campurkan campuran tepung terigu dan coklat bubuk ke dalam campuran telur. Aduk hingga rata dan tidak ada yang menggumpal.

6. Bagi adonan menjadi dua bagian. Satu bagian dicampur dengan pewarna makanan merah, satu lagi tidak dicampur dengan pewarna makanan.

7. Siapkan wajan dan panaskan di atas api kecil. Olesi wajan dengan sedikit margarin.

8. Tuang adonan coklat ke dalam wajan dan ratakan hingga setebal 0,5 cm. Panggang selama 5-10 menit atau hingga matang.

9. Tuang adonan merah ke atas adonan coklat dan ratakan hingga setebal 0,5 cm. Panggang selama 5-10 menit atau hingga matang.

10. Ulangi proses tersebut hingga adonan habis.

11. Angkat dan biarkan kue lapis coklat dingin selama beberapa saat.

12. Potong kue lapis coklat sesuai dengan selera dan sajikan.

Kesimpulan

Membuat kue lapis coklat memang membutuhkan sedikit usaha, namun hasilnya pasti tidak akan mengecewakan. Kue lapis coklat ini sangat cocok dijadikan sebagai camilan ketika berkumpul bersama keluarga atau teman-teman. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep di atas dan nikmati sensasi kelezatan kue lapis coklat yang begitu menggoda ini. Terima kasih telah membaca artikel ini dan selamat mencoba!

By Saputra