• Sun. Jul 14th, 2024

Kue Kelapa Parut: Lezatnya Gurihnya Aneka Rasa

BySaputra

Sep 28, 2023

Hello, para pecinta kuliner! Kali ini saya akan membahas tentang kue kelapa parut yang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Kue kelapa parut memang sangat terkenal dan menjadi salah satu kue favorit di Indonesia. Kue kelapa parut terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti tepung terigu, gula, telur, dan bahan pelengkap lainnya. Kue kelapa parut memiliki berbagai jenis rasa dan bentuk yang berbeda. Mari kita simak lebih lanjut tentang kue kelapa parut dan nikmati lezatnya gurihnya aneka rasa.

Kue kelapa parut memiliki bentuk yang bermacam-macam. Ada yang berbentuk bulat, lonjong, dan persegi. Ada juga yang berbentuk mini seperti cupcakes atau cookies. Kue kelapa parut biasanya dihiasi dengan taburan kelapa parut atau bisa juga dengan tambahan bahan lainnya seperti kismis, kacang, atau susu kental manis.

Salah satu jenis kue kelapa parut yang paling populer di Indonesia adalah kue rangi atau kue ape. Kue rangi memiliki bentuk lonjong dan terbuat dari kelapa parut, tepung terigu, santan, telur dan gula. Kue ini sangat populer di daerah Sumatera dan Jawa.

Jenis lain dari kue kelapa parut yang terkenal adalah kue dadar gulung. Kue ini dibuat dari adonan kelapa parut yang dicampur dengan bahan lainnya seperti tepung terigu, gula, dan telur. Adonan kemudian dibuat menjadi kulit dadar dan diisi dengan gula merah cair. Kue dadar gulung sangat terkenal di Indonesia dan sering dijumpai di pasar tradisional.

Untuk Anda yang menyukai rasa manis, Anda bisa mencoba kue klepon. Kue klepon terbuat dari ketan yang diisi dengan gula merah dan dilapisi dengan kelapa parut. Kue ini memiliki rasa manis yang cukup kuat dan sangat cocok untuk dinikmati sebagai camilan atau dessert.

Bagi Anda yang suka dengan rasa gurih, Anda bisa mencoba kue apem kelapa. Kue apem kelapa terbuat dari adonan kelapa parut, tepung terigu, telur, gula, dan bahan-bahan lainnya. Kue ini biasanya dibuat dalam bentuk bulat dan dimasak dengan cara dipanggang di atas api.

Ada juga kue cara, kue lumpur, dan kue cubit yang terbuat dari kelapa parut. Kue cara memiliki bentuk persegi dan terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan gula. Kue lumpur juga terbuat dari adonan kelapa parut, tepung terigu, telur, dan gula. Sedangkan kue cubit terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan susu bubuk yang dicampur dengan kelapa parut.

Jenis Kue Kelapa Parut Deskripsi
Kue Rangi Terbuat dari kelapa parut, tepung terigu, santan, telur dan gula
Kue Dadar Gulung Terbuat dari adonan kelapa parut dan diisi dengan gula merah cair
Kue Klepon Terbuat dari ketan yang diisi dengan gula merah dan dilapisi dengan kelapa parut
Kue Apem Kelapa Terbuat dari adonan kelapa parut, tepung terigu, telur, gula, dan bahan-bahan lainnya
Kue Cara Terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan gula
Kue Lumpur Terbuat dari adonan kelapa parut, tepung terigu, telur, dan gula
Kue Cubit Terbuat dari tepung terigu, telur, gula, susu bubuk, dan kelapa parut

Kue kelapa parut memang sangat lezat dan memiliki berbagai macam rasa. Selain itu, kue ini juga mudah ditemukan di berbagai pasar tradisional maupun toko kue. Anda juga bisa mencoba membuat kue kelapa parut sendiri di rumah dengan berbagai resep yang sudah banyak tersedia di internet.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba kue kelapa parut dan nikmati lezatnya gurihnya aneka rasa. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Kue kelapa parut memang sangat terkenal di Indonesia dan menjadi salah satu kue favorit di seluruh negeri. Kue kelapa parut terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti tepung terigu, gula, telur, dan bahan pelengkap lainnya. Kue kelapa parut memiliki berbagai jenis rasa dan bentuk yang berbeda.

By Saputra