kue dari santan dan terigu

Hello teman-teman, kali ini kita akan membahas tentang kue dari santan dan terigu. Siapa yang tidak suka dengan kue yang lembut dan manis ini? Kue ini sangat cocok disajikan sebagai camilan di sore hari atau bahkan sebagai hidangan penutup di saat bersantap malam. Tanpa basa-basi lagi, yuk lanjut baca artikel ini untuk mengetahui lebih banyak tentang kue dari santan dan terigu!

Asal Usul Kue Santan Terigu

Kue dari santan dan terigu merupakan salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang sudah populer sejak lama. Kue ini biasanya dibuat dari bahan-bahan yang sederhana seperti tepung terigu, santan, gula, dan telur. Kue ini sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya juga mudah didapatkan di pasar tradisional.

Resep Kue Santan Terigu

Berikut ini adalah resep kue santan terigu yang bisa kamu coba di rumah:Bahan:

  1. 250 gr terigu protein sedang
  2. 200 ml santan kental
  3. 2 butir telur
  4. 100 gr gula pasir
  5. 1 sdt vanili bubuk
  6. 1/2 sdt garam

Cara Membuat:

  1. Campurkan semua bahan dalam satu wadah
  2. Aduk rata hingga adonan kental dan bergerindil
  3. Siapkan loyang yang sudah dioles margarin
  4. Tuangkan adonan ke dalam loyang hingga setengah tinggi
  5. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 25-30 menit
  6. Kue siap dihidangkan

Keunikan Kue Santan Terigu

Kue santan terigu memiliki keunikan dalam teksturnya yang lembut dan aroma santannya yang harum. Kue ini sangat cocok dijadikan sebagai kue lebaran atau saat acara-acara tertentu. Varian rasa dari kue santan terigu juga sangat beragam seperti rasa pandan, coklat, dan keju.

Cara Menghidangkan Kue Santan Terigu

Kue santan terigu biasanya disajikan dengan cara dipotong-potong dan ditaruh di atas piring atau wadah. Kamu juga bisa menambahkan topping seperti meses atau taburan keju untuk menambah cita rasa pada kue ini. Kue santan terigu juga bisa disajikan dengan teh atau kopi di sore hari atau saat berkumpul bersama keluarga.

Tips Membuat Kue Santan Terigu yang Lezat

Berikut ini adalah tips untuk membuat kue santan terigu yang lezat:

  1. Pilih terigu protein sedang untuk menghasilkan tekstur kue yang lembut
  2. Gunakan santan kental untuk mendapatkan aroma santan yang harum pada kue
  3. Tambahkan gula sesuai selera, jangan terlalu manis
  4. Panggang kue dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu
  5. Jangan terlalu lama memanggang kue agar tidak gosong

Kue Santan Terigu Sebagai Camilan Kekinian

Meskipun kue santan terigu sudah lama ada, namun kue ini masih tetap digemari hingga saat ini. Bahkan, kue santan terigu saat ini banyak dijadikan sebagai oleh-oleh khas daerah atau diolah menjadi kue modern dengan berbagai variasi rasa dan bentuk.

Penutup

Kue dari santan dan terigu memang sudah populer sejak lama dan tetap menjadi camilan favorit hingga saat ini. Kue ini mudah dibuat dan bahan-bahannya juga mudah didapatkan di pasar tradisional. Dengan rasa yang lembut dan aroma santan yang harum, kue santan terigu sangat cocok dijadikan sebagai hidangan penutup atau camilan di sore hari. Selamat mencoba membuat kue santan terigu di rumah!