ikan kembung masak asam pedas

Hello Sobat Info Negeri! Apakah kamu suka masakan ikan? Jika iya, maka kamu wajib mencoba salah satu hidangan khas Indonesia yang lezat dan menggugah selera, yaitu “ikan kembung masak asam pedas”. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara memasak ikan kembung masak asam pedas yang nikmat dan mudah untuk kamu coba di rumah. Jadi, simak terus artikel ini, ya!

Ikan kembung masak asam pedas adalah salah satu hidangan yang populer di Indonesia, terutama di daerah Sumatera dan Jawa. Hidangan ini memiliki rasa yang segar dan pedas, membuatnya menjadi favorit bagi pecinta makanan pedas. Ikan kembung yang digunakan memiliki daging yang lembut dan mengandung banyak nutrisi, sehingga sangat cocok untuk dimasak dengan bumbu asam pedas yang khas.

Untuk membuat ikan kembung masak asam pedas, kamu memerlukan bahan-bahan berikut:1. Ikan kembung segar, sekitar 500 gram2. Bumbu halus: bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit (sesuai selera), jahe, dan kunyit3. Air asam jawa, sekitar 200 ml4. Daun jeruk purut5. Daun kemangi6. Garam secukupnya7. Gula secukupnya8. Minyak sayur untuk menumis

Setelah kamu menyiapkan semua bahan di atas, maka kamu siap untuk memasak ikan kembung masak asam pedas yang lezat ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama, bersihkan ikan kembung dengan air bersih dan lumuri dengan garam secukupnya. Diamkan sejenak agar garam meresap ke dalam ikan.2. Panaskan minyak sayur dalam wajan. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang.3. Masukkan daun jeruk purut dan aduk rata.4. Setelah itu, masukkan ikan kembung ke dalam wajan. Goreng ikan hingga kedua sisinya berwarna kecokelatan.5. Tuangkan air asam jawa ke dalam wajan, lalu tambahkan sedikit garam dan gula. Aduk rata.6. Biarkan ikan matang dengan api kecil dan biarkan bumbu meresap ke dalam ikan selama sekitar 10-15 menit.7. Terakhir, masukkan daun kemangi ke dalam wajan dan aduk rata. Matikan api.

Voila! Ikan kembung masak asam pedas siap untuk disajikan. Kamu bisa menyantapnya dengan nasi putih hangat dan beberapa irisan tomat segar sebagai pelengkap. Rasa pedas dan segar dari asam pedas akan membuat hidangan ini semakin menggugah selera.

Selain rasanya yang lezat, ikan kembung masak asam pedas juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Ikan kembung mengandung protein tinggi yang penting untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan tubuh. Selain itu, ikan kembung juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba memasak ikan kembung masak asam pedas di rumah. Selain mudah dan cepat, hidangan ini juga sangat lezat dan menyehatkan. Kamu bisa mengajak keluarga atau teman-teman untuk menikmati hidangan ini bersama-sama. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Itulah artikel tentang ikan kembung masak asam pedas yang santai dan lezat ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu dan bisa menjadi referensi dalam memasak hidangan yang lezat untuk keluarga. Jangan lupa untuk terus mengunjungi Sobat Info Negeri untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!